107 Kg Sabu dan 59.470 Butir Ekstasi Musnah Dibakar

107 Kg Sabu dan 59.470 Butir Ekstasi Musnah Dibakar

BNN musnahkan sebanyak 107 kg sabu dan 59.470 butir ekstasi. (foto - ist)

Jakarta - Sedikitnya 107 kilogram sabu dan 59.470 butir ekstasi hasil penyitaan dari jaringan narkoba internasional, musnah dibakar. Jumlah narkoba itu merupakan hasil pengungkapan selama 23 Februari hingga 4 April 2016. Dalam kaitan itu, 32 tersangka ditangkap oleh BNN.
 
Pemusnahan barang bukti dilakukan dengan cara dibakar di dalam tungku insinerator, Garbage Plan Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, dengan suhu tinggi hingga tak tersisa. Menurut Kepala BNN, Komjen Pol Budi Waseso, barang bukti narkoba itu dimusnahkan sebagai transparansi BNN terhadap publik sesuai amanat UU 35/2005 tentang narkotika.
 
"Ini bukti, tidak ada penyimpangan terhadap barang bukti yang disita, serta menghindari terjadinya penyelewengan barang bukti," katanya.
Buwas mengatakan, seluruh narkoba ini hasil pengungkapan BNN dan kerja sama dengan Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta. "Para pelaku merupakan jaringan Malaysia-Medan-Aceh. Kasus tersebut diungkap di beberapa wilayah seperti Medan, Jakarta, Bekasi, Depok, Kalimantan Timur," katanya.

Modus yang dilakukan pelaku pun beragam,. Misalnya, disembunyikan dalam kotak es krim, bungkus teh dan lain-lain. Penyalahgunaan narkotika merupakan kejahatan luar biasa di mana butuh penanganan yang luar biasa juga. Di antaranya dengan memberikan hukuman seperti hukuman mati.

"Bagi yang sudah divonis, eksekusi juga harus dipercepat pelaksanaannya agar bisa jadi efek jera. Hukuman mati diperlukan karena kondisi bangsa tengah dalam darurat naroba," tegas Buwas.

Menurutnya, para pelaku merupakan pemain lama yang sudah berulang kali keluar masuk penjara dengan kasus yang sama. Mereka kerap melakukan aksi penyelundupan dengan perasaan yang sangat tenang, tanpa ada rasa bersalah dan berdosa. "Kalau tidak diberi hukuman mati pasti akan melakukan lagi," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,