Kepala KPLP Banceuy dan Tiga Bawahannya Jadi Tersangka

Kepala KPLP Banceuy dan Tiga Bawahannya Jadi Tersangka

Bagian dalam Lapas Banceuy saat terbakar. (foto - ist)

Bandung - Dari tujuh petugas Lapas Banceuy yang diperiksa secara intensif, Satreskrim Polrestabes Bandung akhirnya menetapkan status tersangka terhadap empat petugas. Keempat petugas itu jadi tersangka terkait dugaan penganiayaan terhadap Undang Kosim alias Uwa (54), warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A, Banceuy, Kota Bandung.

Menurut Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Angesta Romano Yoyol, Senin (25/4/2016) sebelum menetapkan keempat tersangka, pihaknya memang telah memeriksa 8 saksi, terdiri atas seorang warga binaan dan tujuh orang petugas sipir.

"Dari keempat tersangka tersebut, satu orang berinisial K memiliki jabatan sebagai Kepala KPLP (Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan) dan tiga lainnya merupakan sipir berinisial R, G dan L. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan jumlah tersangka bertambah," katanya.

Sesuai instruksi Lapas dan Menhunkam, kata Yoyol siapa yang bersalah akan ditindak sesuai aturan yang berlaku. "Kita hanya menjalankan tugas untuk meluruskan yang terjadi," tegasnya.

Sementara untuk menguak kericuhan di Lapas Banceuy, pihaknya masih mendalami termasuk kematian Undang Kosim. "Nanti kita cek lagi karena saksi banyak, kita tentukan perannya masing -masing dulu. Sebagai Kepala KPLP, ia harus bertanggung jawab sejauh mana indikasi kekerasan fisik pada tubuh korban," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,