Pertemuan Delegasi - FIFA Isyarat Pencabutan Sanksi PSSI

Pertemuan Delegasi - FIFA Isyarat Pencabutan Sanksi PSSI

Pertemuan Delegasi Indonesia dengan FIFA isyarat percepat pencabutan sanksi PSSI. (foto - ilustrasi)

Jakarta - Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir dan Ketua Tim Ad Hoc Reformasi PSSI, Agum Gumelar telah menemui FIFA di Zurich Swiss, beberapa waktu lalu. Hasil pertemuan itu nantinya akan langsung dilaporkan kepada Presiden Jokowi.

Juru Bicara Kemenpora Gatot S Dewa Broto mengakui, kepulangan kedua delegasi itu bisa jadi berujung pada pencabutan sanksi terhadap PSSI. Hal itu merujuk pernyataan Presiden yang ingin masalah sepakbola nasional tuntas, sebelum Kongres FIFA di Meksiko 12 Mei 2016 mendatang.

"Kami tidak ingin lebih lanjut mendahului. Namun yang jelas bahasa Pak Presiden masih kami kutip, akan selesai sebelum kongres FIFA," kata Gatot kepada wartawan, Rabu (27/4/2016).

"Kami belum dapat arahan detail tapi mudah-mudahan dalam konteks kasasi sudah dan bahasa kami menghitung hari untuk bisa diselesaikan. Namun lazimnya sebuah kongres FIFA kalau kita ingin dilisting, berarti mungkin ke arah option pertama (SK dicabut)," lanjutnya.

Thohir memang ditugasi oleh Jokowi sebagai perwakilan pemerintah bertemu dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino. Dengan kapasitasnya sebagai pemilik klub Inter Milan dan juga Ketua KOI, Thohir diharapkan mampu melakukan negosiasi pencabutan sanksi FIFA kepada Indonesia.

Pencabutan sangat penting sesegera mungkin. Sebab dalam dua tahun ke depan, Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games Jakarta-Palembang 2018. Jika masih menyandang status disanksi, cabang olahraga sepakbola tak akan dipertandingkan. (Jr.)**

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,