Solar Impulse2 Lanjutkan Penerbangan Misi Keliling Dunia

Solar Impulse2 Lanjutkan Penerbangan Misi Keliling Dunia

Solar Impulse2 lanjutkan penerbangan misi keliling dunia, Jumat (28/4/2016) ini. (foto - reuters)

California - Menjalani penerbangan tahap kesembilan dengan menaklukkan Samudera Pasifik, pesawat bertenaga surya Solar Impulse2 bisa dibilang mulus dalam mengawali misi keliling dunia.
 
Impulse2 lepas landas dari Kalaeloa, Hawaii pada Kamis sore 21 April 2016 dan mendarat mulus di Moffett Field, Mountain View, California, Amerika Serikat, Minggu 24 April 2016 dinihari. Penerbangan yang berjarak 4.528 kilometer itu ditempuh dalam waktu 2 hari 14 jam 31 menit 1 detik.
 
Dilansir Abc7news, baru-baru ini ppihak Solar Impulse2 menyatakan, pihaknya sudah fokus untuk penerbangan selanjutnya yang masih di daratan AS, yaitu di Phoenix. Penerbangan kesepuluh itu pun telah disiapkan. Sesuai rencana, pesawat tenaga surya itu akan lepas landas menuju Phoenix pada Jumat (28/4/2016) pagi ini.
 
Namun, kepastian lepas landas pesawat tersebut menunggu keputusan ahli meteorologi di stasiun pemantau Solar Impulse2 di Monaco, Perancis. Menyambut misi penerbangan kesepuluh, salah seorang pilot Solar Impulse2, Bertrand Piccard mengatakan, keberhasilan sembilan penerbangan sebelumnya membuktikan, pesawat tanpa bahan bakar bisa bekerja.
 
"Ini tentang energi untuk manusia. Menjadi penjelajah, yakin dengan mimpi Anda, menginspirasi, tinggalkan sikap dan kepastian di balik Anda. Lompatlah Anda ke area yang belum diketahui, coba apa yang benar-benar Anda sukai dalam kehidupan," kata Piccard.
 
Usai mendarat di daratan AS, pesawat kemudian akan melintasi Samudera Atlantik menuju Eropa Selatan atau Afrika Utara, dan kembali lagi ke Abu Dhabi. Misi keliling duniatersebut,  akan menempuh total 500 jam penerbangan dalam jarak 35 ribu kilometer.
 
Selama menjalani delapan penerbangan awal, Solar Impulse2 telah mengumpulkan total jarak perjalanan sejauh 19.957 kilometer. Sementara waktu terbang secara kumulatif mencapai 254 jam 58 menit, serta energi surya yang dipakai 5.644 kWh. (Jr.)**
.

Categories:Infotech,
Tags:,