May Day 2016, Massa Buruh Memerah di Istana Merdeka

May Day 2016, Massa Buruh Memerah di Istana Merdeka

May Day 2016, puluhan ribu buruh dari berbagai aliansi memerah di Istana Merdeka Jakarta. (foto - ist)

Jakarta - Aksi besar-besaran digelar massa buruh dari berbagai aliansi di sejumlah titik di jakarta. massa dari berbagai wilayah di Indonesia tersebut menggelar aksi, dalam rangka memperingati Hari Buruh Sedunia (May Day), Minggu (1/5/2016).

Puluhan ribu buruh yang sebelumnya  melaku‎kan orasi di depan Istana Merdeka berangsur membubarkan diri, bergeser menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Massa akan mengikuti acara puncak perayaan May Day 2016, yang dilakukan di stadion terbesar di Indonesia itu.

Puluhan buruh lainnya pun masih terus berdatangan dan menggelar orasi di depan Istana Merdeka. Puluhan ribu massa yang tergabung dalam Kongres‎ Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) dan konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI), masih melakukan orasi di depan Istana.

Mengenakan pakaian serba berwarna merah, massa terus menyemut dan menyuarakan aspirasi mereka. Sementara ribuan aparat gabungan dari Polri, TNI, dan Pemda DKI terus berjaga-jaga di sepanjang Jalan Medan Merdeka Utara.

Beberapa kendaraan taktis seperti Barracuda dan Water Cannon berjejer di depan Istana. Dalam radius sekitar 100 meter dari pagar Istana Merdeka Jakarta dipasang barikade, untuk mengantisipasi dan mencegah massa merangsek masuk ke dalam.

Dalam aksinya, buruh menuntut agar pemerintah menghapus upah kecil dengan mencabut PP Nomor 78 Tahun 2015, tentang Pengupahan. Buruh juga mengangkat sejumlah isu, seperti menolak reklamasi pantai, penggusuran, dan RUU Tax Amnesti. (Jr.)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait