Massa Buruh yang Memadati Kawasan Monas Sempat Ricuh

Massa Buruh yang Memadati Kawasan Monas Sempat Ricuh

Aksi demo buruh di depan Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Jalan Medan Merdeka Barat sempat ricuh. (foto - ist)

Jakarta - Aksi demo buruh di depan Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Jalan Medan Merdeka Barat, sempat ricuh. Massa buruh berniat bertolak jalan menuju kawasan Monas, namun dihadang aparat kepolisian dengan membentuk barikade, Minggu (1/5/2016).

Akibat kericuhan membuat massa buruh terlibat aksi saling dorong hingga saling lempar botol mineral. Pemandangan botol air mineral beterbangan pun tampak jelas di lokas. Botol air mineral pertama kali melayang dari arah kerumunan buruh ke arah polisi.

Namun, setelah agak mereda, tampak seorang pria berusia remaja dipukuli anggota kepolisian dan massa buruh. Belakangan, pria itu diketahui merupakan seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi swasta, yang dituding sebagai provokator.

Diketahui, mahasiswa berinisial AG jurusan Ilmu Politik angkatan 2013 itu dituding biang kerok, yang memicu terjadinya gesekan antara polisi dan buruh. AG disebutkan diteriaki buruh sebagai provokator, biang pelemparan dari kerumunan buruh ke arah polisi. 

AG pun langsung diamankan oleh buruh ke kantor PMK. Dikejar sama Polisi dan diamankan ke pos polisi depan Istana. Temannya mengakui, AG tak seharusnya menerobos kerumunan massa buruh pendemo. Namun kericuhan pun mereda dan massa buruh melanjutkan aksinya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,