15 Jemaah Meninggal, Masjid di Distrik Hodan Somalia Ambruk

15 Jemaah Meninggal, Masjid di Distrik Hodan Somalia Ambruk

Mesjid di Distrik Hodan Somalia yang tengah direnovasi ambruk saat para jemaah menjalankan salat Jumat. (foto - ist)

MogadishuSedikitnya 15 orang meninggal dunia dan 40 orang lainnya mengalami luka-luka, akibat mesjid yang tengah direnovasi di Somalia tiba-tiba ambrukInsiden tersebut terjadi saat salat Jumat di ibukota Mogadishu.

Dilansir dari BBC, Minggu (1/5/2016) ketika bangunan tersebut ambruk di dalamnya dipenuhi oleh para jemaah yang tengah menjalankan salat Jumat. Sementara Somalia merupakan salah satu negara Afrika yang dikuasai oleh teroris AlQaeda dan afiliasinya.

Pihak penyelamat mencari korban yang masih di bawah reruntuhan di mesjid yang terletak di Distrik Hodan sepanjang malam. "Pencarian besar-besaran pun telah dilakukan, dan setidaknya kami menemukan 15 jenazah," kata Mohamed Dahir.

Seorang saksi mata kepada kantor berita Jerman, DPA mengatakan, beberapa orang yang meninggal karena kekurangan oksigen dan lainnya tewas terkena runtuhan. Sementara warga setempat yang melihat insiden itu menjelaskan, beberapa jenazah yang ditemukan adalah pekerja bangunan, sisanya umat yang tengah salat Jumat.

Insinyur yang bertanggung jawab atas projek renovasi tersebut telah ditahan, dengan tuduhan ketidakpedulian dan pembiaran. Beberapa media lokal mengatakan, insiden masjid runtuh tersebut terjadi saat para jemaah menjalankan salat Jumat.

Namun, yang lain mengabarkan, 100 pekerja bangunan tengah menyelesaikan bangunan setelah ibadah selesai tatkala masjid itu ambruk. Sementara hujan deras melanda lokasi runtuhnya masjid itu dalam beberapa hari terakhir. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,