Unpad Bandung Tetap Jadi Terfavorit di SNMPTN 2016

Unpad Bandung Tetap Jadi Terfavorit di SNMPTN 2016

Kampus Unpad Jatinangor.

Jakarta - Seperti tahun sebelumnya, Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung tetap menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) dengan jumlah peminat terbanyak, yakni mencapai 58.937 pendaftar dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2016. 
 
Predikat kampus paling favorit tersebut, dipegang oleh Unpad bertahun-tahun pada setiap seleksi masuk PTN. Namun demikian, bukan berarti kampus lainnya tidak diminati. Pasalnya, banyak faktor yang menyebabkan suatu kampus ramai peminat.
 
"Peminat kampus tinggi bisa jadi karena PTN tersebut memiliki prodi yang banyak, jika dibandingkan dengan PTN lainnya. Seperti Unpad hanya membuka pendaftaran melalui SNMPTN dan SBMPTN," kata Ketua Umum SNMPTN 2016, Rochmat Wahab dalam konferensi pers Hasil SNMPTN 2016di Kemristekdikti Jakarta, Senin (9/5/2016).
 
Selain banyaknya prodi, setiap kampus juga memiliki prodi unggulan masing-masing. Misalnya, banyak orang menganggap prodi pertanian sepi peminat. Padahal di PTN seperti Institut Pertanian Bogor (IPB), prodi pertanian justru paling diminati, termasuk dalam SNMPTN 2016.
 
Oleh karena itu, kata Rochmat, panitia tidak memberikan data prodi atau jurusan yang paling difavoritkan bagi pendaftar SNMPTN 2016. Namun, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu menyebut, untuk kelompok saintek, prodi teknologi informasi (TI), sistem informasi, dan farmasi masih banyak diminati pendaftar.
 
"Kalau kelompok soshum prodi manajemen, akuntansi, dan pendidikan. Namun dilihat lagi karena setiap kampus hampir ada fakultas ekonomi, dan pada umumnya menyediakan prodi tersebut," tambahnya.
 
Panitia SNMPTN 2016 mempercepat pengumuman hasil SNMPTN 2016 menjadi Senin 9 Mei. Pendaftar dapat melihat hasil diterima atau tidak di PTN impian melalui laman resmi SNMPTN 2016 maupun website 11 PTN lainnya, yakni Unand, Unsri, Untan, UI, IPB, ITB, Undip, ITS, UGM, Unair, dan Unhas. (Jr.)**
.

Categories:Pendidikan,
Tags:,