Pesawat EgyptAir MS804 Hilang Akibat Serangan Teroris?

Pesawat EgyptAir MS804 Hilang Akibat Serangan Teroris?

Keresahan pihak keluarga setelah pesawat EgyptAir hilang secara misterius. (foto - ist)

Kairo - Pemerintah Mesir tidak mengenyampingkan kemungkinan serangan teroris di balik hilangnya pesawat EgyptAir di Laut Mediterania secara misterius. "Saya tidak ingin berspekulasi atau berasumsi, namun kemungkinan pesawat mengalami serangan teror lebih tinggi dibandingkan dengan kerusakan teknis," kata Menteri Penerbangan Sipil Sherif Fathy, Jumat (20/5/2016).

Seperti dikutip dari Al Arabiya, pasalnya, kondisi Airbus A320 itu dalam keadaan prima dan cuaca saat itu sangat baik. "Lagi pula tidak ada sinyal darurat yang dikeluarkan pilot," katanya.

Dugaan yang sama dilontarkan beberapa negara, termasuk Perancis dan Amerika Serikat. Presiden Perancis Francois Hollande menyebutkan, dugaan terorisme memang kemungkinan terbesar pesawat dengan nomor penerbangan MS804 tersebut hilang secara misterius. Meski demikian, belum ada kelompok teror yang mengklaim bertanggung jawab atas hilangnya pesawat, yang membawa 56 penumpang dan 10 kru tersebut.

Mesir pun telah mengerahkan tim pencari ke wilayah Laut Mediterania. Pencarian juga dibantu beberapa negara tetangga, seperti Yunani dan Perancis. Pemerintah Mesir meralat pernyataan sebelumnya yang mengatakan, mereka telah menemukan puing EgyptAir di dekat Pulau Karpathos, selatan Crete, Yunani.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Yunani Panos Kammenos mengatakan, pesawat EgyptAir berbelok tajam 90 derajat ke kiri, lalu berputar 360 derajat ke kanan dan menukik tajam dari ketinggian 37 ribu kaki ke 15 ribu kaki. Hal itu terjadi sebelum hilang dari radar menara pengawas Yunani, diduga jatuh di sekitar Pulau Karpathos.

Seperti diketahui, pesawat EgyptAir MS804 dengan rute penerbangan Paris-Kairo, dilaporkan hilang dari radar sekitar pukul 02.30 waktu setempat. Dua bayi dan satu anak-anak juga turut dalam penerbangan tersebut. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,