Pertama dalam sejarah, Taiwan Lantik Presiden Tsai Ing-wen

Pertama dalam sejarah, Taiwan Lantik Presiden Tsai Ing-wen

Presiden wanita pertama Taiwan, Tsai Ing-wen akhirnya dilantik. (foto - ist)

Taipei - Presiden wanita pertama Taiwan, Tsai Ing-wen akhirnya dilantik. Namun demikian, Tsai dituntut harus bisa menyeimbangkan dua kubu yang masing-asing memiliki harapan berbeda, antara pendukungnya dan bayang-bayang Cina yang menginginkan Taiwan semakin dekat dengan mereka.

Seperti diketahui, Tsai berhasil mengalahkan lawannya Ma Ying-jeou yang telah berkuasa selama delapan tahun. Rakyat Taiwan cenderung memilih Tsai, karena menilai Ma semakin mendekatkan diri ke Cina.

Seperti diberitakan AFP, Jumat (20/5/2016) prosesi pelantikan Presiden Tsai dihadiri 20 ribu undangan, yang disaksikan publik dengan layar besar di luar kantor kepresidenan. Tsai mengangkat tangan kanannya dan membacakan sumpah di hadapan bendera Taiwan.

Susai dilantik, Presiden Tsai mendapat lencana Republik Cina, nama resmi Taiwan dan lencana kepresidenan. Keberhasilan Tsai menjabat sebagai presiden Taiwan disikapi positif. Masyarakat Taiwan berharap, Presiden Tsai dapat membawa kestabilan untuk negaranya dan perbaikan perekonomian.

"Saya berharap dia dapat melakukannya, kami memiliki harapan yang tinggi terhadapnya," kata Chen Su-mei (48), salah seorang guru yang menyaksikan momen bersejarah akan presiden wanita pertama Taiwan tersebut. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,