Korban Luka Erupsi Sinabung Dirawat di RSUP Adam Malik

Korban Luka Erupsi Sinabung Dirawat di RSUP Adam Malik

RSUP Adam Malik Medan

Medan - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara yang mengeluarkan erupsi disertai awan panas, telah memakan tujuh orang korban warga Desa Gamber, Kabupaten Karo, Sabtu sore. Dari ketujuh korban itu, tiga orang tewas, dan empat lainnya dalam kondisi kritis.

"Dari evakuasi kami dapatkan korban ada tujuh, tiga di antaranya tewas dan empat mengalami luka," kata Kepala Bidang Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Nata Nail, Sabtu (21/5/2016).

Korban yang mengalami luka langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik, Medan. "Kondisinya memang rata-rata sekitar 80 persen sampai 90 persen mengalami luka bakar," katanya.

Meski sudah berhasil mengevakuasi tujuh korban, tim BPBD Karo terus menyisir rumah penduduk untuk memastikan tidak ada lagi korban lainnya. "Tadi tim kita sudah evakuasi ke rumah penduduk, sudah sweeping, apakah masih ada warga di zona berbahaya tersebut," tegas Nata.

Dalam siaran pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan, aktivitas Sinabung masih tetap tinggi. Awan panas yang dikeluarkan Sinabung mencapai 4,5 kilometer, hingga Sungai Lao Borus ke arah Barat.

Disebutkan, tinggi kolom abu vulkanik juga mencapai 3 kilometer. BNPB pun menetapkan status awas karena potensi letusan masih tetap tinggi. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,