Perth Diterjang Badai, Aliran Listrik Ribuan Rumah Mati

Perth Diterjang Badai, Aliran Listrik Ribuan Rumah Mati

Perth Diterjang Badai, Aliran Listrik Ribuan Rumah Mati. (foto - ist)

Perth - Hujan deras yang disertai badai angin kencang menerjang ibukota negara bagian Australia Barat, Perth, Sabtu (21/5) pagi. Akibatnya, sekitar 10 ribu rumah di kawasan metropolitan itu terpaksa mengalami pemadaman listrik.

Badai yang terjadi sejak dinihari itu, memang telah diprakirakan oleh Badan Meteorologi setempat. Warga pun telah dianjurkan untuk tidak keluar rumah, bila tidak ada keperluan yang sangat mendesak.

Dikutip dari laman Perth Now, Sabtu (21/5/2016) angin kencang tercatat mencapai 109 kilometer/jam di Pulau Rottnest pada pukul 05.30 pagi. Pulau itu terletak sekitar 18 kilometer dari pusat Kota Perth.

Hingga pukul 08.30 pagi waktu setempat atau 07.30 WIB, dinas layanan darurat telah menerima 58 telepon dari masyarakat yang meminta bantuan. Beberapa di antara penelepon melaporkan banjir di rumah mereka, ada juga yang mengatakan atap serta teras mereka rusak. Namun, sejauh ini belum ada laporan tentang atap yang copot.

Banjir pun menggenang di beberapa jalan utama di seputaran kota. Antara lain Great Eastern Highway, Mitchell Freeway, dan Guildford Road dekat King William Street di Bayswater.

Dilaporkan, cuaca yang ekstrem mengakibatkan sekitar 10 ribu  pelanggan perusahaan listrik Western Power di kawasan pusat kota mengalami pemadaman. Kawasan yang paling banyak mengalami pemadaman itu, yakni Nollamara, Balcatta, Mindarie dan Qunins Rocks.

Sementara di kawasan barat daya, Australind terdapat 2.200 rumah yang mengalami pemadaman lisrik. "Kami sedang coba memulihkan kerusakan jaringan setelah angin kencang yang menyebabkan pemadaman listrik," kata salah seorang juru bicara perusahaan itu.

Selain banjir dan listrik padam, badai yang melanda Perth mengakibatkan bandara internasional T1 Perth sempat dievakuasi, akibat tanda bahaya yang berbunyi. Namun, seorang juru bicara bandara menyebutkan bandara sudah kembali dibuka pada pukul 07.42 pagi. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,