Manchester United Juara FA Cup Usai Tundukkan Crystal Palace

Manchester United Juara FA Cup Usai Tundukkan Crystal Palace

Van Gaal mengacungkan Piala FA setelah timnya menumbangkan Crystal Palace 2-1 di partai final. (foto - ist)

London - Laga Final FA Cup yang mempertemukan Crystal Palace dengan Manchester United berlangsung panas, Sabtu (21/5/2016) malam WIB. Skor sama kuat 1-1 hingga 90 menit waktu normal, namun MU behasil mengunci kemenangan 2-1 berkat gol Jesse Lingard di babak kedua extra time.

Gelar juara FA Cup kali ini dicapai United sejak terakhir mendapatkannya pada musim 2003-2004. Gelar tahun ini juga menggenapkan total gelar FA Cup Setan Merah menjadi 12 kali, menyamai Arsenal.

Sejak menit awal United langsung menggebrak lewat serangan yang digawangi Wayne Rooney dan Anthony Martial. Sementara Crystal Palace masih mencoba untuk mendapatkan ritme permainan yang diharapkan.

Menit 10 permainan Palace mulai terbuka. Beberapa kali pergerakan Wilfried Zaha sukses menusuk dari sisi kanan serangan Palace. Namun United memiliki tempo serangan yang terjaga sejak awal pertandingan.

Menit 18 Palace berpeluang cetak gol dengan memanfaatkan umpan dari sepakan bebas. Yanick Bolasie menyundul bola dengan keras dan terarah ke gawang United. Beruntung David de Gea bisa menepis bola keluar lapangan.

Tekananpun terus dilakukan oleh United. Peluang pun didapat melalui kaki Juan Mata memanfaatkan kesalahan para pemain belakang Palace. Sayangnya sepakan eks pemain Chelsea itu masih bisa ditepis Hennessey.

Memasuki babak kedua, Crystal Palace langsung memberikan tekanan lewat Connor Wickham dan kawan-kawan ke lini pertahanan United. Namun, usaha anak asuh Alan Pardew itu belum membuahkan hasil. 

Manchester United tetap menekan lini pertahanan Palace ketika memasuki menit 70. Meski tertekan, Palace tetap konsisten melakukan pertahanan, plus beberapa kali mengandalkan serangan balik.

Pemain yang baru masuk di babak kedua, Jason Puncheon, mencetak gol untuk Palace pada menit 78. Pergerakan dari sisi kiri lapangan tidak mendapatkan pengawalan berarti dari para pemain bertahan United. Satu sepakan keras membobol gawang United. Skor 1-0.

Tidak berselang lama gol Puncheon berhasil menyamakan kedudukan. Berawal dari pergerakan Rooney, umpan matang diberikan kepada Mata yang meneruskannya. Skor 1-1 bertahan hingga akhir babak.

Extra Time

Pada babak pertama extra time dimulai dengan peluang emas yang didapatkan oleh Palace. United tetap bermain rapih, memanfaatkan alur bola dari lini tengah yang dihuni oleh Michael Carrick serta Rooney yang digeser ke depan.

Nahas untuk United yang harus kehilangan Smalling karena menerima kartu kuning kedua, di penghujung babak pertama perpanjangan waktu. Hingga babak pertama extra time berakhir, skor tetap sama kuat 1-1.

Di babak kedua Palace langsung mendapatkan peluang emas dari Dwight Gayle. Tendangan Gayle masih bisa ditahan oleh De Gea menggunakan kakinya. Bermain dengan 10 orang membuat United tampak kesulitan.

Meski bermain dengan 10 orang, United sukses mencuri gol pada babak kedua extra time. Berawal dari Valencia, umpannya tidak dihalau dengan sempurna oleh pemain belakang Palace. Bola liar langsung disambar Jesse Lingard ,dan masuk ke gawang Palace. Skor 2-1 bertahan hingga pertandingan usai. (Jr.)**

Susunan Pemain: 

Crystal Palace: Hennessey; Ward, Dann (Mariappa 90’), Delaney, Souare; Zaha, Cabaye (Puuncheon 72’), McArthur, Jedinak, Bolasie; Wickham (Gayle 87’).

Manchester United: De Gea; Valencia, Smalling, Blind, Rojo (Darmian 66’); Carrick, Fellaini, Mata (Lingard 90’); Rooney (c), Martial, Rashford (Young 73’).

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,