Kebiri hingga Hukuman Mati Ancam Pelaku Pencabulan Anak

Kebiri hingga Hukuman Mati Ancam Pelaku Pencabulan Anak

Pelaku pencabulan anak terancam dihukum kebiri hingga hukuman mati. (foto - ilustrasi)

Jakarta - Presiden Jokowi telah menandatangani Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2016, tentang Perubahan ke 2 atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Perppu itu mengatur pemberatan hukuman terhadap pelaku kekerasan seksual, dengan ancaman hukuman kebiri dengan bahan kimia hingga hukuman mati. "Saya ingin beri catatan mengenai pemberatan pidana, ditambah sepertiga dari ancaman pidana, dipidana mati, seumur hidup dan pidana penjara paling singkat 10 tahun dan paling lama 20 tahun. Pidana tambahan yaitu pengumuman identitas pelaku, tindakan berupa kebiri kimia, dan pemasangan alat deteksi elektronik," kata Jokowi di Jakarta, Rabu (25/5/2016).

Perppu itu bakal memberi ruang bagi hakim untuk memutuskan hukuman seberat-beratnya, yang akan dijatuhkan ke pelaku kekerasan seksual terhadap anak. Lewat Perppu itu, diharapkan ada efek jera yang dirasakan pelaku, yang nantinya dapat menekan angka kejahatan seksual terhadap anak.

Apalagi kejahatan seksual terhadap anak masuk kategori kejahatan luar biasa. "Karena kejahatan ini mengancam dan membahayakan jiwa anak. Kejahatan yang rusak kehidupan pribadi dan tumbuh kembang anak, serta kejahatan yang ganggu rasa keamanan, kenyamanan, ketenteraman masyarakat. Kejahatan luar biasa butuh penanganan yang luar biasa pula," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,