Sutan Bhatoegana Tempati Sel Pribadi di Lapas Sukamiskin

Sutan Bhatoegana Tempati Sel Pribadi di Lapas Sukamiskin

Sutan Bhatoegana

Bandung - Sutan Bhatoegana, terpidana kasus suap langsung ditempatkan di sel pribadi, tanpa melewati tahap isolasi untuk adaptasi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Sukamiskin Bandung.

Politikus Demokrat itu tiba di Lapas Sukamiskin sekitar pukul 17.30 WIB dengan pengawalan petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pemindahan itu berlaku sejak sahnya putusan Kasasi Mahkamah Agung yang menjatuhkan hukuman 12 tahun penjara.

Menurut Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Kanwil Jawa Barat, Agus Toyib, Sutan langsung ditempatkan di kamar sel sendiri. Lapas tak memberlakukan proses isolasi terlebih dahulu. "Di Lapas Sukamiskin tiap kamar hanya bisa diisi satu orang. Jadi tidak ada isolasi," kata Agus, Kamis (26/5/2016) malam.

Menurutnya, saat tiba mantan anggota DPR itu dalam kondisi sehat. Sedangkan untuk pengawalan keluarga, dia tidak mengetahui. "Saya kurang tahu karena tidak ikut menyaksikan. Yang jelas sudah masuk ke kamar sendiri," katanya.

Sutan meninggalkan Gedung KPK sekitar pukul 14.05 WIB. Ia yang dijaga oleh pengawal tahanan enggan berkomentar banyak mengenai eksekusinya, termasuk putusan kasasi 12 tahun kepadanya. "Ini pengadilan dunia. Yang benar bisa jadi salah, yang salah bisa jadi benar. Ya sudah kita ikutin saja," ungkapnya.

Sutan Bhatoegana merupakan terpidana kasus suap pembahasan APBN-P tahun 2013 untuk Kementerian ESDMN dan penerimaan gratifikasi. Dia terbukti menerima uang 140,000 dolar AS dari Waryono Karno dan 200,000 dolar AS dari Rudi Rubiandini. Ia juga terbukti menerima tanah dan bangunan dari Komisaris PT SAM Mitra Mandiri, Saleh Abdul Malik.

Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi sebelumnya menjatuhkan pidana sebesar 10 Tahun penjara kepada Sutan. Namun hukuman itu diperberat MA  menjadi 12 tahun. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,