Hari Ini PNS Bandung Jalani Program 'Jumat Ngangkot'

Hari Ini PNS Bandung Jalani Program 'Jumat Ngangkot'

Mulai hari ini PNS Bandung jalani program 'Jumat Ngangkot'. (foto - ist)

Bandung - Mulai Jumat (27/5/2016) hari ini Pemkot Bandung menerapkan program "Jumat Ngangkot", untuk melatih warga secara perlahan beralih menggunakan angkutan umum.

"Dinas Perhubungan Kota Bandung ingin membuat konsep untuk mengurangi kemacetan, dengan memperbanyak gaya hidup masyarakat kembali ke public transport, seperti bersepeda. Termasuk minimal sesekalidalam sepekan, yakni di hari Jumat dengan naik angkutan umum," kata Walikota Bandung, Ridwan Kamil.

Program itu diterapkan karena hanya 20 persen pergerakan masyarakat di Kota Bandung menggunakan kendaraan umum, sedangkan sebagian besarnya kendaraan pribadi. Dengan Jumat Ngangkot, diharapkan masyarakat berlahan mengubah pola berkendaraan, dari kendaraan pribadi beralih menggunakan kendaraan umum.

"Mudah-mudahan dengan program tersebut, warga Kota Bandung pelan-pelan kembali ke public transport, sambil kita perbaiki kualitas angkotnya agar nyaman," katanya.

Menurut Emil, program itu lebih menekankan pada perubahan gaya hidup dan sifatnya tidak memaksa. Sehingga pihaknya pun tak bisa menerapkan sanksi bagi warga yang tak menggunakan angkot. "Tidak ada sanksi, yang namanya mengubah gaya hidup, kita tidak bisa memaksa. Misalnya, ada program bike to work, ternyata lebih populer bike to school. Jadi banyak keberhasilan tapi di area yang tidak kita duga. Yang penting kita terus berupaya," tegas Emil.

Meski begitu, bagi penumpang angkot pada program Jumat Ngangkot disediakan reward, meski Emil sendiri mengaku tak tahu detail dari reward itu. "Saya belum tahu detailnya, tapi dari saya kebijakannya melakukan dorongan agar warga mulai berlatih lagi memaksimalkan kendaraan umum," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,