Jokowi Napak Tilas ke Sel Bung Karno di Penjara Banceuy

Jokowi Napak Tilas ke Sel Bung Karno di Penjara Banceuy

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana beserta seluruh pimpinan MPR, ketua lembaga negara, beberapa menteri Kabinet Kerja, Megawati Soekarnoputri berjalan kaki menuju Penjara Banceuy, Rabu (1/6/2016). (foto - ist)

Bandung - Napak tilas ke Penjara Banceuy merupakan puncak rangkaian acara Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 atau Hari Lahir PancasilaPenjara yang menjadi tempat pesakitan Bung Karno pada 1929 itu berada Jalan Banceuy, tak jauh dari Gedung Merdeka Bandung.

Setelah mengikuti acara dan berpidato di Gedung Merdeka, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana beserta seluruh pimpinan MPR, Ketua lembaga negara, beberapa menteri Kabinet Kerja,  Megawati Soekarnoputri berjalan kaki menuju Penjara Banceuy, Rabu (1/6/2016).

Jokowi bersama sejumlah pejabat negara itu berjalan kaki sejauh sekitar 500 meter dengan diiringi atraksi drum band. Ribuan warga Bandung pun memadati sepanjang jalan yang dilalui rombongan.

Mereka memadati di sisi kiri dan kanan jalan sambil melambaikan tangan menyapa Jokowi dan Iriana. Hampir semua orang mengeluarkan ponselnya dan berusaha mengabadikan orang nomor 1 RI itu mendatangi daerah mereka.

Tiba di Penjara Banceuy, rombongan diberikan penjelasan tentang situs bersejarah tersebut.‎ Jokowi sempat melihat ruangan seluas 2,5 x 1,5 meter, yang dulu digunakan Belanda untuk memenjarakan Bung Karno. Penjara Banceuy merupakan sel tahanan bersejarah yang dibangun Belanda pada 1877.

Pada 29 Desember 1929, Bung Karno bersama rekan seperjuangannya Maskoen, Soepriadinata dan Gatot Mangkoepraja ditangkap Belanda di Yogyakarta, dan dijebloskan ke Penjara Banceuy Bandung selama 8 bulan. Di penjara inilah Bung Karno menyusun pleidoi yang sangat terkenal, yang diberi judul "Indonesia Menggugat". (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,