Banjir Menerjang Wilayah Utara Perancis Telan Korban Jiwa

Banjir Menerjang Wilayah Utara Perancis Telan Korban Jiwa

Banjir bandang melanda sebagian wilayah utara Perancis. (foto - ist)

Paris - Banjir bandang melanda sebagian wilayah utara Perancis, setelah diguyur hujan deras selama beberapa hari terakhir ini. BMKG setempat menerbitkan status siaga 1 di wilayah Loiret, dan status siaga 2 di area yang dilintasi Sungai Loing.

Dilaporkan, seorang anak berusia tiga tahun tewas tenggelam di Yonne pada Minggu 29 Mei 2016 lalu. Hujan deras juga menunda pelaksanaan turnamen tenis Perancis Terbuka di Paris, pada Senin 30 Mei. Kota lainnya yang dilanda banjir cukup parah adalah Bruay-la-Buissiere dekat Lens.

Seperti dilaporkan BBCRabu (1/6/2016) petugas layanan darurat menerima panggilan sebanyak 4.500 kali di seantero Perancis, khususnya sepanjang Senin 30 Mei sore hingga Selasa 31 Mei pagi waktu setempat. Ratusan tindakan evakuasi pun harus dilakukan oleh petugas layanan darurat sepanjang waktu tersebut.

Sementara Menteri Dalam Negeri Bernard Cazevenue menyarankan, setiap warganya untuk selalu waspada di tengah bencana banjir bandang. Di wilayah Pas-de-Calais misalnya, tim SAR mengevakuasi sejumlah rumah yang mengalami kerusakan. Mereka juga meminta warga untuk pindah ke tempat lebih tinggi,pada saat debit air sungai terus meningkat.

Banjir bandang juga melanda negara tetangga mereka, Belgia. Petugas layanan darurat di Kota Roeselare bahkan menerima lebih dari 1.000 panggilan, karena banjir mulai memenuhi atap rumah warga. Tetangga Perancis lainnya, Jerman, juga tak luput dilanda banjir cukup parah hingga menewaskan empat orang. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,