Warga Sempat Panik, Gempa 6,5 SR Guncang Sumatera Barat

Warga Sempat Panik, Gempa 6,5 SR Guncang Sumatera Barat

Gempa berkekuatan 6,5 SR guncang wilayah Sumatera Barat. (foto - ist)

Jakarta - Gembali kembali mengguncang wilayah Sumatera Barat, Kamis (2/6/2016) pagi pukul 05.56 WIB. Namun, gempa berkekuatan 6,5 pada skala Richter itu, tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Dilansir dari akun resmi Twitter Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), @infoBMKG, gempa tersebut terjadi pada pukul 05.56 WIB. Pusat gempa berada di laut, 79 kilometer barat daya Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Lokasi gempa tepatnya di 2.29 lintang selatan dan 100.46 bujur timur. Pusat gempa di kedalaman 72 kilometer laut Kabupaten Pesisir Selatan. Di Kota Padang, warga setempat memang sempat panik sesaat setelah menyadari merasakan getaran gempa. Namun kepanikan tidak berlangsung lama. Situasi kembali pulih setelah getaran berakhir.

BMKG pun merilis gempa berkekuatan 6,5 skala richter yang berpusat di laut Kabupaten Pesisir Selatan itu tidak berpotensi tsunami. Karena kedalaman gempa bumi cukup dalam (72 kilometer), maka gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.”

Berdasarkan hasil pemantauan di sejumlah daerah, BMKG memastikan tidak ada gempa susulan. Namun BMKG tetap memonitor perkembangan gempa bumi susulan, dan hasilnya akan diinformasikan kepada masyarakat melalui media massa.

BMKG juga memutakhirkan informasi tentang gempa bumi itu, yang sebelumnya disebut terjadi pada pukul 05.56 WIB, pusat gempa berada di laut, 79 kilometer barat daya Kabupaten Pesisir Selatan, lokasi tepatnya di 2.29 lintang selatan dan 100.46 bujur timur.

Disebutkan, gempa bumi terjadi pada waktu dan kekuatan getaran, serta lokasi laut yang sama, tetapi lokasi tepatnya berbeda. Pusat gempa terletak di 2.16 lintang selatan dan 100.70 bujur timur, kedalaman 70 kilometer, dan di laut 79 kilometer barat daya Pesisir Selatan.

Getaran gempa bumi itu, menurut BMKG, dirasakan juga di Solok, Painan, Muko-muko, Bengkulu dan Padang. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,