Pilot Tewas dalam Kecelakaan 2 Jet Tempur Pasukan Elit AS

Pilot Tewas dalam Kecelakaan 2 Jet Tempur Pasukan Elit AS

Pesawat F/A-18 Hornet Blue Angels jatuh dan meledak di SMyrna, Tennessee Amerika Serikat. (foto - Youtube)

Colorado - Seorang pilot tewas dan satu lainnya selamat dalam dua kecelakaan terpisah jet elit militer Amerika Serikat (AS) pada hari yang sama. Kecelakaan pertama terjadi di Tennessee, Kamis yang menyebabkan pilot dari Angkatan Laut Blue Angels tewas.

Menurut juru bicara AL Amerika Serikat, jet yang dikendarainya F/A-18, jatuh di Smyrna sekitar 38,6 kilometer di tenggara Nashville. Insiden itu terjadi sekitar 3 kilometer dari landasan pacu bandara, saat Blue Angels melakukan latihan untuk pertunjukan udara yang rencana dilakukan akhir pekan ini. Penyebab kecelakaan sejauh kini masih diselidiki.

Secara terpisah, Presiden AS Barack Obama menemui seorang pilot pesawat tempur yang mengalami kecelakaan, setelah melakukan atraksi di sebuah upacara wisuda angkatan udara yang didatangi langsung oleh Presiden AS tersebut.

Dikutip dari The Guardian, Jumat (3/6/2016) pilot itu selamat setelah menggunakan kursi lontar usai jet F-16-nya mengalami kecelakaan ketika kembali ke pangkalan udara Peterson di Colorado.

Juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest meyatakan, helikopter militer yang bergabung dalam iring-iringan Obama memisahkan diri dan memutuskan ke Peterson untuk menemukan lokasi kecelakaan. Seorang agen rahasia sekaligus mantan petugas medis mengantar pilot itu ke Peterson.

Helikopter militer itu lalu melanjutkan tugasnya dan bergabung dengan iring-iringan Obama. Obama kemudian mengunjungi pilot yang selamat di Peterson. Ia berterima kasih atas pengabdiannya dan menunjukkan perasaan lega karena tak ada luka serius.

Menurut Earnest, pilot tersebut masih bisa berdiri dan berjalan ketika Obama mengunjunginya. Presiden AS juga berterima kasih atas respon cepat ketika menjemput sang pilot di lokasi kecelakaan. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,