71 Orang Terluka Tersambar Petir di Konser 'Rock am Ring'

71 Orang Terluka Tersambar Petir di Konser 'Rock am Ring'

Festival 'Rock am Ring' di ruang terbuka di Kota Mendig Jerman, Juni 2015. (foto - testspiel.de)

Mendig - Pembukaan Festival 'Rock am Ring' di ruang terbuka di Kota Mendig Jerman harus dihentikan, menyusul sambaran petir menelan puluhan korban. Padahal, puluhan ribua pengunjung festival tersebut tengah asyik menonton konser yang tengah berlangsung.

Akibat sambaran petir itu  sedikitnya 71 orang terluka sekitar pukul 20.00 waktu setempat, sehingga petugas medis segera disiagakan. Di antara korban terluka yang dilarikan ke rumah sakit, sebanyak 15 orang dilaporkan mengalami cedera serius. Sementara dua orang lainnya harus disadarkan dengan cara diresusitasi (diberi napas buatan atau dipacu jantungnya).

"Kami secepatnya memasukkan mereka ke dalam tenda pengungsian, dan badai itu menggelegar tepat di atas kami. Anggota band di atas panggung juga kabur menyelamatkan diri,” kata Eileen Primus, jurnalis surat kabar Germany’s Bild.

Dilansir Telegraph, Sabtu (4/6/2016) saksi lain menyebutkan, seorang pria tampak terbaring di atas lumpur. Ketika petugas medis menghampirinya, celana jeans dia hangus terbakar, selain beberapa tenda juga roboh karena hujan lebat.

Meski kondisi jalannya festival di daerah itu sudah sedemikian berisiko, panitia acara mengatakan tetap akan menggelar festival itu, sesuai yang sudah dijadwalkan untuk dua hari ke depan. Band yang akan tampil untuk besok, yakni Red Hot Chili Peppers dan Black Sabbath.

Insiden itu bukan baru pertamakali terjadi. Setahun lalu, ketika festival yang sama diadakan di ruang terbuka, 33 pengunjung terluka akibat sambaran petir. Namun, tetap saja 90 ribu orang diperkirakan akan menghadiri festival itu tahun ini. Tidak peduli badai maupun banjir bandang yang tengah menerjang negara itu selama sepekan terakhir.

Sementara itu, juru bicara pihak penyelenggara Katharina Wenisch kepada Reuters mengatakan, pihak penyelenggara memberikan peringatan kepada para pengunjung di laman websitenya, mengenai bahaya badai petir dan hujan deras pada Sabtu malam. Mereka meminta para pengunjung untuk berhati-hati dan mengambil tindakan pencegahan.

Menurut Wenisch, tiket festival telah terjual habis beberapa bulan lalu, mencapai sekitar 92.500 pengunjung yang diharapkan akan datang. (Jr.)**

.

Categories:Musik,
Tags:,