Jalur Selatan Garut Masih Tertutup Longsor 100 Meter

Jalur Selatan Garut Masih Tertutup Longsor 100 Meter

Jalur Selatan Garut Masih Tertutup Longsoran Sepanjang 100 Meter. (foto - ilustrasi)

Garut - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut menyampaikan jalur provinsi lintas selatan Garut di Kecamatan Caringin, masih tertutup material longsoran tanah yang menimbun badan jalan tersebut.

"Badan jalan sekitar 100 meter tertutup material longsoran yang terdiri atas tanah bercampur bebatuan, dengan ketinggian sekitar tiga meter," kata Kepala Pelaksana BPBD Garut Dadi Djakaria, Rabu (8/6/2016) malam.

Menurutnya, jalur provinsi menghubungkan Garut, Kabupaten Bandung dengan Cianjur lintas selatan Jabar itu tertutup longsoran tanah tebing, tepatnya di Kampung Lewo, Desa Sukarame, Caringin pada Selasa. Akibatnya, jalur lintas kabupaten itu tidak dapat dilintasi kendaraan roda dua maupun roda empat.

"Kendaraan yang hendak menuju Cianjur atau Bandung melalui jalur selatan terpaksa memutar arah, begitu pun sebaliknya," katanya. Sebelum kejadian longsor, wilayah itu diguyur hujan deras yang berlangsung lama. Namun longsor tidak menimbulkan korban jiwa, hanya memutus jalur selatan dan melumpuhkan perekonomian warga setempat.

"Kejadian tersebut telah mengakibatkan aktivitas masyarakat dan perekonomian terhenti, karena tidak ada kendaraan yang bisa melewatinya," tegas Dadi.

Sementara BPBD Garut telah melaporkan longsor menutup jalan itu ke Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat. "Informasi yang didapat katanya satu alat berat telah dikirimkan ke lokasi longsor, untuk membersihkan material longsoran, mudah-mudahan jalur itu secepatnya normal," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,