Jokowi Menggunakan Sedan Limosin Hongqi Selama APEC

Jokowi Menggunakan Sedan Limosin Hongqi Selama APEC

mobil limosin "Hongqi"

Beijing - Joko Widodo Presiden RI  dan para pemimpin ekonomi Forum Kerja Sama Asia Pasifik (APEC) menggunakan sedan limosin "Hongqi" yang berarti "bendera merah" seri Luxury L5, yang diklaim merupakan salah satu mobil termahal di Tiongkok.

Selama penyelenggaraan APEC 2014, Pemerintah Tiongkok menyiapkan sekitar 2.000 sedan mewah Hongqi L5 untuk para pemimpin ekonomi APEC dan para delegasi.

Hongqi diproduksi dan mulai debutnya sebagai kendaraan kenegaraan Tiongkok sejak 1958, oleh grup China FAW, dimana mantan pemimpin Tiongkok, Mao Zedong sebagai salah satu kepala perusahaan itu.

Hongqi CA770/L5 berkaitan erat dengan Partai Komunis Tiongkok. Kendaraan super mewah itu hanya diproduksi terbatas sebagai kendaraan operasional pejabat kelas atas sejak era 1960-an.

Tidak mengherankan sebab FAW memang didirikan partai komunis pada 1953 yang melihat peluang industri. Tujuannya mendukung pemerintah mengampanyekan pembelian mobil merek lokal.

Sejak 1990 bersama Volkswagen, FAW salah satu pelopor strategi kerja sama dengan perusahaan otomotif asing.

Di era 1960-1970-an, dengan tampilan klasiknya, Hongqi menjadi kendaraan wajib bagi setiap tamu negara yang akan mengadakan kunjungan kehormatan ke Mao Zedong atau tangan kanannya Zhou Enlai, termasuk Presiden Amerika Serikat Nixon yang berkunjung ke Tiongkok pada 1972.

Menurut mantan perancang interior China FAW, Jia Yanliang, para petinggi Tiongkok kala itu memiliki warna kesukaan masing-masing untuk diaplikasikan pada interior Hongqi.(Ode)**

.

Categories:Otomotif,
Tags:jokowi,

terkait

    Tidak ada artikel terkait