Pilot dan Awak Pesawat Ikuti Tes Urine di Bandara Husein

Pilot dan Awak Pesawat Ikuti Tes Urine di Bandara Husein

Puluhan pilot dan awak pesawat mengikuti tes urine di Bandara Husein Sastranegara Bandung. (foto - ist)

Bandung - Sedikitnya 83 kru pesawat terdirti atas pilot, kopilot, pramugara, pramugari dan awak pesawat lainnya mengikuti tes urine di Bandara Husein Sastranegara Bandung, yang digelar Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Barat bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar.

Berdasarkan hasil tes tersebut, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Barat mendapati dua pramugari dari penerbangan domestik dan internasional dinyatakan positif. "Dari 83 orang yang diperiksa, kami temukan dua pramugari positif. Namun mereka masuk kategori obat yang ditoleransi," kata Kepala BNNP Jabar, Brigjen Pol Iskandar Ibrahim, di Bandara Husein Sastranegara Jalan Padjadjaran Kota Bandung, Kamis (23/6/2016).

Menurut Iskandar, kedua pramugari tersebut memang tengah menggunakan obat kesehatan bukan obat ilegal atau dilarang. Keduanya mengonsumsi obat diet dan obat lambung berdasarkan anjuran dokter. Keduanya pun mampu memberikan keterangan mengenai anjuran dokter tersebut. "Mereka diperbolehkan kembali bekerja karena tidak mengganggu penerbangan," katanya.

Pengecekan atau tes urine bagi pilot dan kru pesawat memang sangat diperlukan, karena jadwal penerbangan cukup padat menjelang libur Lebaran. Tidak hanya penerbangan, tapi transportasi darat dan laut pun sibuk. "Jadi tujuannya untuk menjamin keselamatan dari penumpang," tegas Iskandar.

Diakui, tes urine tersebut memang dilakukan secara mendadak. Setiap pilot dan awak pesawat yang akan berangkat diminta untuk melakukan tes urine terlebih dulu. Begitupun terhadap pilot dan awak pesawat yang baru mendarat, diminta langsung melakukan tes urine.

Sejak pagi, para pilot dan awak pesawat lainnya yang melakukan tes urine mengambil wadah urine di ruang yang telah disiapkan. Mereka lalu masuk ke dalam kamar mandi yang dijaga petugas BNNP Jabar. Setelah itu mereka baru menyerahkan urine yang ditampung ke petugas. Pemeriksaan urine dilakukan melalui tes kit, sehingga hasil tes bisa langsung diketahui cepat.  (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,