Waspadai Ini 12 Jenis Vaksin Palsu yang Telah Ditemukan

Waspadai Ini 12 Jenis Vaksin Palsu yang Telah Ditemukan

Waspadai Ini 12 Jenis Vaksin Palsu yang Telah Ditemukan. (foto - ist)

Jakarta - Sedikitnya terdapat 12 jenis vaksin palsu yang telah ditemukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Vaksin tersebut dilaporkan memiliki merek dagang antara lain dari PT Biofarma, PT Sanofi Grup dan PT Glaxo Smith Kline (GSK).
 
Menurut Plt Kepala BPOM Drs. T. Bahdar Johan H, APT, M.Pharm, kedua belas vaksin yang dinyatakan palsu tersebut ditemukan di sejumlah daerah. Antara lain di wilatah Jabodetabek, Surabaya, Yogyakarta, Mataram, Palu, Subang, Pekanbaru, Bandung dan Denpasar. 
 
"Banyak permintaan dari orang di tingkat menengah ke atas untuk meminta vaksin alternatif (vaksin impor). Hal itulah yang menjadi celah vaksin palsu itu terus ada karena adanya permintaan," kata Bahdar dalam temu media, Selasa (28/6/2016).
 
Menurut Badhar, vaksin palsu itu masuk pada sarana kesehatan resmi, seperti rumah sakit swasta, klinik dan rumah sakit bersalin. Sejauh ini isi kandungan vaksin palsu itu belum diketahui secara pasti. Namun butuh waktu paling tidak 3-10 hari untuk melakukan uji laboratorium. (Jr.)**
 
Ke-12 vaksin yang dipalsukan tersebut, yakni:
1. Vaksin engerix B
2. Vaksin pediacel
3. Vaksin eruvax B
4. Vaksin tripacel
5. Vaksin PPDRT23
6. Vaksin penta-bio
7. Vaksin TT
8. Vaksin campak
9. Vaksin hepatitis B
10. Vaksin polio bOPV
11. Vaksin BCG
12. Vaksin harvix.
.

Categories:Nasional,
Tags:,