36 Tewas Ratusan Terluka, 3 Bom Hantam Bandara Ataturk

36 Tewas Ratusan Terluka, 3 Bom Hantam Bandara Ataturk

Suasana di depan Bandara Ataturk Istanbul, Turki, Selasa malam waktu setempat setelah terjadi serangan tiga bom bunuh diri. (foto - AFP)

Istanbul - Ledakan bom kembali mengguncang Turki. Kali ini ledakan menghantam Bandara Ataturk, sebuah bandara terbesar di Istanbul Turki, Selasa malam waktu setempat. Sedikitnya 36 orang tewas dan 150 lainnya terluka akibat ledakan tersebut.

 

Dikutip dari the Guardian, Rabu (29/6/2016) penyebab ledakan adalah tiga ledakan bom bunuh diri. Menurut seorang pejabat Turki, pelaku meledakkan dirinya di luar pos pemeriksaan bandara di terminal internasional Bandara Ataturk.

"Korban pun terus bertambah yang semula 28 tewas bertambah menjadi 36 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka. Ada tiga ledakan bom bunuh diri yang lokasinya itu menyebar," kata Gubernur Provinsi Istanbul, Vasip Sahin.

Sebelum pelaku meledakkan dirinya, mereka terlebih dahulu mengumbar tembakan menggunakan senjata AK-47 ke arah polisi dan petugas keamanan. "Mereka melepaskan tembakan di luar bandara. Kemudian, mereka berlari menuju ruang keberangkatan internasional,” kata seorang juru bicara kepolisian Turki. Belum diketahui dari negara mana saja asal korban yang tewas.

Salah seorang saksi mata mengaku mendengar ledakan hebat dan melihat api, serta asap keluar dari terminal internasional. Sejumlah korban luka-luka tampak berlumuran darah keluar dari bandara. Selama bulan suci Ramadan ini, Turki telah beberapa kali dihantam gelombang bom bunuh diri.

 Menyebar di Media Sosial

Sementara itu, terkait serangan teror yang melanda Turki, di media sosial muncul rekaman CCTV yang menunjukkan detik-detik meledaknya bom tersebut. Video itu disebarkan lewat Twitter oleh pengguna bernama Khaled Shabaan, dengan nama akun @khaled_qahtan.

Pada data diri, Khaled mengaku sebagai pemimpin redaksi Radio Sawt Beirut. Pengguna akun mengunggah dua video berisi cuplikan ledakan dari dua sumber CCTV yang berbeda. Video pertama, menunjukkan suasana aktivitas pengunjung bandara yang tenang, kemudian terlihat ledakan di sebuah sudut bandara dan membuat pengunjung panik.

Sedangkan video kedua, berisi cuplikan pengunjung yang tengah berhamburan setelah ledakan bom pertama, dan mendengar adanya aksi tembak-menembak antara keamanan dan para pelaku. Lalu, keamanan Turki berhasil menembak salah satu pelaku hingga roboh, sebelum akhirnya meledakan diri.

"Klip ini menunjukkan momen ketika aparat keamanan Turki melukai salah satu penembak, dan dilanjutkan dengan aksi meledakkan diri," kicau Khaled. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,