Sejumlah Fakta Menarik Saat Perancis Bantai Jerman 2-0

Sejumlah Fakta Menarik Saat Perancis Bantai Jerman 2-0

Perancis memastikan diri melaju ke partai final Piala Eropa 2016, setelah berhasil membantai juara dunia Jerman dua gol tanpa balas. (foto - ist)

Marseille - Bertindak sebagai tuan rumah Perancis memastikan diri melaju ke partai final Piala Eropa 2016, setelah berhasil membantai juara dunia Jerman dua gol tanpa balas di babak semifinal, Jumat (8/7/2016) dinihari WIB.

Penyerang Antoine Griezmann, pemain Atletico Madrid itu memborong dua gol kemenangan bagi negaranya ke gawang Jerman. Di partai final, Perancis sudah ditunggu Portugal yang secara mengejutkan lolos setelah mendepak Wales. Partai puncak akan dihelat di Stade de France, Minggu atau Senin (11/7/2016) dinihari WIB nanti.

Perancis pun berpeluang mengawinkan gelar. Griezmann saat ini memuncaki daftar pencetak gol terbanyak Piala Eropa 2016 dengan koleksi enam gol. Ia unggul tiga gol dari pesaing terdekatnya seperti Luis Nani, Cristiano Ronaldo hingga Olivier Giroud.

Keberhasilan Perancis melenggang ke partai final menghasilkan beberapa fakta menarik. Antara lain Griezmann sukses mengikuti jejak legenda Perancis Thierry Henry dengan mengoleksi enam gol di putaran final Piala Eropa.

Selain itu, Griezmann pun hanya membutuh tiga gol lagi untuk menyamai rekor Michel Platini sebagai top skor paling subur sepanjang sejarah Piala Eropa. Platini mencetak 9 gol di Piala Eropa 1984. Sedangkan kekalahan dari Prancis membuat Jerman takluk empat kali dari enam laga semifinal terakhir di turnamen akbar (2006, 2010, 2012 dan 2016).

Perancis memenangi enam laga Piala Eropa terakhir ketika memakai jersey utama berwarna biru. Sayangnya di final, Perancis kemungkinan harus memakai kostum kedua karena berstatus sebagai tim tamu. Perancis pun selalu menjadi juara jika lolos ke final Piala Eropa. Sebelumnya mereka sukses di tahun 1984 dan 2000. (Jr.)**

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,