Raih Adipura Bukti Bandung Alami Banyak Perubahan

Raih Adipura Bukti Bandung Alami Banyak Perubahan

Untuk keduakalinya secara beruntun (2015 dan 2016) Bandung kembali meraih Piala Adipura dalam kategori kota metropolitan. (foto - ist)

Bandung - Untuk keduakalinya secara beruntun (2015 dan 2016), Bandung kembali meraih Piala Adipura dalam kategori kota metropolitan. Namun demikian, penghargaan bidang kebersihan kategori kota metropolitan itu tak sertamerta menjadikan Kota Bandung bebas dari berbagai masalah kebersihan dan pengelolaan lingkungan.
 
"Keliru kalau memandang Bandung sudah perfect, tapi juga tidak benar kalau menganggap tidak ada perubahan. Kalau selalu ada komentar buruk enggak masalah tapi kami tidak kecewa, karena di mana ada kekurangan kami perbaiki," kata Walikota Bandung Ridwan Kamil di Bandung, Senin (25/7/2016).
 
Menurut Emil, Piala Adipura yang diraih Kota Bandung merupakan ukuran keberhasilan dari semua pihak. Ia pun mengklaim penghargaan tersebut menjadi salah satu bukti. bahwa adanya perubahan di Kota Bandung terutama dalam dua tahun terakhir di bawah kepemimpinannya. "Ini kali kedua Kota Bandung meraih Adipura. Ini menunjukkan ada konsistensi dan perubahan walaupun masih ada hal yang kurang," kata dia.

Saat ini, lanjut Emil pihaknya fokus membenahi sungai guna meminimalkan banjir serta genangan air yang kerap terjadi saat Kota Kembang diguyur hujan. Selain itu, pengelolaan sampah pun menjadi perhatian Pemkot Bandung, terlebih kini masih mengandalkan tempat pembuangan akhir (TPA) Sarimukti yang berada di kawasan Kabupaten Bandung Barat (KBB).
 
"Untuk target sampai akhir tahun difokuskan di penananganan sungai. Kalau itu beres, tambah PLTSA sebagai ujung dari akses sistem persampahan," katanya.
 
Namun, Emil pun siap menerima kritik dan saran terkait pembenahan Kota Bandung yang lebih baik lagi. "Jadi bagi pengkritik dari mana saja akan kami terima dengan lapang dada. Namun kami akan buktikan dengan kerja bukan dengan bantah-bantahan," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,