JPU Pastikan Mirna Tewas Akibat Sianida dalam Kopi

JPU Pastikan Mirna Tewas Akibat Sianida dalam Kopi

JPU memastikan Mirna tewas akibat Sianida dalam es Kopi Vietnam. (foto - ist)

Jakarta - Jaksa Penuntut Umum Ardito Muwardi memastikan, Wayan Mirna Salihin tewas akibat adanya kandungan sianida dalam es kopi vietnam, yang diminumnya saat bertemu dengan Jessica Kumala Wongso.

Akibat menelan zat berbahaya itu, Mirna tewas tanpa memakan waktu yang lama. Sebab, sianida memang bisa menyumbat pernapasan. "Sudah dijelaskan kalau sianida menghambat pernapasan. Karena dia mengikat oksigen, sehingga darah yang kena sianida tidak dapat mengangkut oksigen. Jadi metabolisme pasti berhenti," kata Ardito di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (3/8/2016).

Sebagai informasi, hasil otopsi menyebut sebanyak 297,6 miligram sianida ditemukan di jasad istri Arief Soemarko itu. Sebelumnya, saksi ahli bidang forensik, Slamet Purnomo mengatakan, di lambung Mirna ada kandungan sianida sebesar 0,2 miligram per liter.

Saat dikonfirmasi terkait hal itu, Ardito mengaku  sifat dan reaksi sianida sangat mudah lepas dan menguap. "Sianida ini kan zat yang mudah melepaskan dan mudah menguap. Tercampur zat tertentu bisa berubah, sebagaimana PH maksimal 14. Kenapa di dalam perut hanya 0,02 mg ya itu karena mengurai," ungkapnya.

Meski keterangan saksi yang dihadirkan pihaknya selalu diragukan oleh kubu Jessica, Ardito enggan melakukan autopsi ulang. "Ahli sudah jelaskan tadi kalau pemeriksaan tadi ada beberapa jaringan yang diambil, seperti di hati, lambung, empedu dan urine. Dan semua hasilnya negatif kecuali di lambung," tegasnya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,