Gamalama Erupsi, Penutupan Bandara Ternate Diperpanjang

Gamalama Erupsi, Penutupan Bandara Ternate Diperpanjang

Dampak dari erupsi Gunung Gamalama di Bandara Sultan Babullah Ternate. (foto - ist)

Ternate - Otoritas Bandara Sultan Babullah Ternate terpaksa memperpanjang penutupan bandara hingga Jumat 5 Agustus 2015 pukul 10.00 WIT, mengingat hujan abu akibat erupsi Gunung Gamalama masih mengguyur di beberapa wilayah. 

Keputusan buka atau tutup bandara disesuaikan dengan kondisi erupsi Gunung Gamalama ,dan hujan abu besok pagi. Berdasarkan informasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), embusan abu keluar dari kawah puncak bagian Timur menuruni lereng Timur.

Dari pengukuran seismik, tidak terekam adanya gempa-gempa vulkanik yang menunjukkan bahwa embusan abu tersebut merupakan pelepasan tekanan dari energi sisa erupsi sehari sebelumnya.

Erupsi Gunung Gamalama menyebabkan hujan abu di beberapa kelurahan di Kota Ternate. Misalnya, Kelurahan Salero, Soa Sio, Sangaji, Dufa-Dufa dan beberapa kelurahan di Kecamatan Ternate Tengah.

Sejauh ini, masyarakat yang ada di kawasan tersebut belum perlu mengungsi. Namun, warga, pengunjung dan wisatawan tidak diperbolehkan untuk mendaki atau mendekati kawah yang ada di puncak Gunung Gamalama dalam radius 1,5 kilometer. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,