Gempa 5,3 SR Guncang Peru Menewaskan Tujuh Orang

Gempa 5,3 SR Guncang Peru Menewaskan Tujuh Orang

Gempa berkekuatan 5,3 SR mengguncang Peru. (foto - Google Maps)

Arequipa - Sedikitnya tujuh orang dilaporkan tewas, setelah wilayah Arequipa Provinsi Caylloma di selatan Peru diguncang gempa bumi berkekuatan 5,3 pada skala Richter (SR). Selain menelan korban jiwa, gempa itu juga menghancurkan lebih dari 50 rumah penduduk.

Berdasarkan informasi dari Institut Pertahanan Sipil Nasional, gempa sedalam delapan kilometer yang terjadi pada Minggu 14 Agustus sekitar pukul 21.58 waktu setempat, juga menghancurkan lebih dari 50 rumah penduduk.

Seperti dikabarkan Express, Senin (15/8/2016) sekitar 40 orang  mengalami luka-luka. Jumlah korban dikhawatirkan masih akan terus bertambah, karena petugas masih mengidentifikasi.

Badan Geologi Amerika Serikat (US Geological Survey - USGS) mencatat, getaran pertama mencapai 5,4 SR. Kemudian menurun menjadi 5,2 SR. Sedikitnya ada dua gempa susulan terjadi pada Senin pagi. Banyak kerusakan terjadi, sampai-sampai ada satu jalan menuju desa yang terputus. "Pusat gempa berada 7 km barat dari Kota Chivay," sebut badan tersebut.

"Kami sedang meminta mesin pengangkut materi berat untuk dikerahkan ke lokasi, agar kita bisa mendapatkan akses (ke desa tersebut). Ini perlu dilakukan sesegera mungkin, karena diperkirakan ada korban jiwa di sana," kata Walikota Caylloma, Romulo Tinta. 

Sementara itu BBC melaporkan, distrik yang terkena dampak terburuk adalah Ichupampa, Yanque, Achoma dan Maca. Setidaknya 40 orang dilaporkan terluka.

Walikota setempat mengatakan, kepada media Peru, "gempa itu dirasakan sangat kuat ... kita telah kehilangan kontak dengan desa-desa terdekat dan kini meminta bantuan alat berat".

Gubernur Arequipa, Yamila Osorio mengatakan, dirinya akan melakukan perjalanan ke daerah yang terkena dampak gempa. Daerah itu saat ini tengah dilanda suhu amat dingin hingga beku.

Beberapa jam sebelum gempa mengguncang, Presiden Pedro Pablo Kuczynski mengunjungi daerah yang terdampak gempa untuk menilai kerusakan yang disebabkan oleh cuaca dingin. Gempa bumi pernah terjadi di Peru tahun 2007, hampir 600 orang tewas ketika gempa dahsyat  8 SR melanda wilayah pantai tengah. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,