Hutan Terbakar California Meluas 82 Ribu Warga Dievakuasi

Hutan Terbakar California Meluas 82 Ribu Warga Dievakuasi

Kebakaran hutan di California Amerika Serikat meluas, sedikitnya 82.000 warga dievakuasi. (foto - Reuters)

California - Otoritas pemerintahan setempat California Amerika Serikat memerintahkan kepada petugas untuk mengevakuasi sekitar 82 ribu warga, menyusul terus meluasnya kebakaran hutan yang melanda negara bagian itu.
 
Keterangan dari pejabat setempat mengatakan, sekitar 700 petugas pemadam kebakaran  terus berjuang untuk memadamkan kobaran api, khususnya di kawasan yang dinamakan Cajon Pass. Ini merupakan titik api terbaru dalam serangkaian kebakaran hutan, yang telah menghanguskan hampir 121.400 hektar lahan.
 
Dilansir kantor berita Reutersdua petugas pemadam sempat terjebak kobaran api,  saat berupaya mengevakuasi warga. Namun, keduanya berhasil lolos dengan hanya mengalami luka ringan. "Ini kebakaran yang bergerak sangat cepat, angin penyebabnya," kata juru bicara Dinas Kehutanana AS Lyn Sieliet.
 
Akibat kebakaran hutan itu, otoritas setempat telah memerintahkan warga di kawasan Wrightwood, sekitar 120 kilometer sebelah timur Los Angeles agar meninggalkan rumah mereka. Secara keseluruhan, sekitar 82 ribu orang telah diperintahkan untuk mengungsi, saat kobaran api telah menghanguskan banyak rumah.
 
Sebelumnya, di California tengah kebakaran dekat Danau Nacimiento, 290 kilometer di barat laut Los Angeles terjadi pada Minggu lalu waktu setempat. Hal itu memaksa pihak berwenang mengevakuasi sejumlah penduduk dengan perahu, ketika api beralih ke danau itu. Sebagian kobaran api telah ditanggulangi.
 
Sebelumnya, para peramal cuaca juga telah mengingatkan akan timbulnya bahaya kebakaran besar di California selatan karena kondisi kering, gelombang panas dan angin kencang. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,