Hujan Deras Picu Sejumlah Jalan di Ibukota Macet Parah

Hujan Deras Picu Sejumlah Jalan di Ibukota Macet Parah

Kemacetan parah yang terjadi di ruas-ruas jalan di ibukota setelah diguyur hujan deras yang menyebabkan genangan di sejumlah ruas jalan. (foto - ist)

Jakarta - Hujan deras yang mengguyur wilayah DKI Jakarta malam ini, menyebabkan sejumlah ruas jalan di beberapa titik mengalami kemacetan cukup parah. Hal itu dipicu oleh banyaknya jalan yang tergenang banjir, sehingga banyak kendaraan yang berhenti karena tidak bisa menembus genangan banjir.

Misalnya, di kawasan Tugu Tani Jakarta Pusat. Lalu lintas arah Cikini menuju Stasiun Gambir tampak sangat padat. Bahkan, sepeda motor hanya bergerak pada kecepatan maksimal 10 km/jam. 

Begitu pun di bundaran Tugu Tani yang yang macet dari arah Kebon Jeruk Jakarta. Polisi di kawasan ini tampak kewalahan mengatur lalu lintas. Selain itu, Jalan Merdeka Selatan juga terpantau genangan air sekira 1 sampai 5 cm. Air itu sampai depan stasiun Gambir. 

Berdasarkan laporan dari TMC Polda Metro Jaya lewat akun twitternya @TMCPoldaMetro, Jumat (19/8/2016) malam menyebutkan, untuk di wilayah Jakarta Selatan, arus lalu lintas dari Lebak Bulus mengarah ke Pasar Rebo mengalami kemecatan parah. "Lalu lintas dari Lebak Bulus menuju Pasar Rebo padat," tulis @TMCPoldaMetro.

Tak hanya di ruas jalan umum, kepadatan juga terjadi di jalan tol, baik Tol Dalam Kota maupun Tol JORR. "Lalu lintas di tol JORR dari Ulujami (arah Cilandak) padat," cuit @TMCPoldaMetro. "Lalu lintas di Jalan Jend. Sudirman (arah Semanggi) padat," sambung akun @TMCPoldaMetro.

Sementara itu, ruas Tol Lingkar Luar Jakarta atau biasa disebut Tol JORR terpantau sangat padat, bahkan cenderung  mandek alias tidak bergerak. Kepadatan dari kedua arah tersebut tampak mengular cukup panjang sejak pukul 20.00 WIB.

Terpantau dari akun Twitter TMCPoldaMetro, beberapa pengguna Twitter memberikan informasi dan keluhan terkait macetnya ruas tol JORR tersebut. RT @widodota : TolJORR arah Simatupang macet total, cuaca hujan lebat. RT @CJ151280 : Tol arah Bandara dan Pondok Indah dari Serpong tidak bergerak kondisi hujan deras. RT @adhi_8 : Macet #toljorr ke arah Pasar Minggu dr Bintaro, hujan dan angin kencang.

Pihak Jasa Marga menjelaskan, penyebab kemacetan malam ini terdiri atas beberapa faktor yang terjadi bersamaan. "Kondisi terpantau padat akibat banyaknya volume arus kendaraan, hujan deras yang mengakibatkan beberapa pengemudi mengurangi kecepatan. Juga adanya genangan air di beberapa pintu keluar tol seperti exit Pondok Indah dan Fatmawati," kata petugas Jasa Marga. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,