Dua Bunga Rafflesia Arnoldii Mekar di Hutan Bengkulu

Dua Bunga Rafflesia Arnoldii Mekar di Hutan Bengkulu

Dua Bunga Rafflesia Arnoldii Mekar di Hutan Bengkulu. (foto - ist)

Bengkulu - Dua bunga langka Rafflesia Arnoldii kembali mekar di dua lokasi kawasan hutan wilayah Kabupaten Kepahiang, dan Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu. Bunga itu ditemukan kelompok masyarakat, yang memang dikenal rutin memantau keberadaan bunga langka itu dalam hutan.

"Satu bunga berdiameter 75 centimeter dan satu lainnya berdiameter 55 centimeter," kata Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu, Sofian Ramadhan.

Bunga tersebut mekar di wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah, tepatnya di Desa Taba Teret Kecamatan Taba Penanjung, berjarak 48 kilometer dari Kota Bengkulu. Untuk menikmati keunikan bunga berwarna merah jingga itu, pengunjung hanya perlu berjalan kaki sejauh 20 meter ke dalam hutan.

Sementara bunga Rafflesia Arnoldii yang mekar di wilayah Kabupaten Kepahiang, terdapat di kawasan Hutan Lindung Bukit Daun. Lokasi itu berbatasan dengan Desa Tebat Monok, atau sekitar 54 kilometer dari Kota Bengkulu.

Menurut Gerhana, warga penemu bunga langka itu hanya perlu berjalan 15 menit ke dalam hutan untuk menikmati kecantikan Rafflesia Arnoldii. "Bunga Rafflesia yang mekar hari ini bisa dinikmati hingga empat hari ke depan," katanya.

Para pengunjung, katanyatidak dipungut biaya untuk melihat bunga. Namun, pihaknya menyediakan kotak sumbangan yang diperuntukkan untuk menjaga habitat bunga tersebut. Bunga Rafflesia Arnoldii merupakan satu dari empat jenis rafflesia, yang teridentifikasi di hutan Bengkulu.

Selain jenis Arnoldii, tiga jenis Rafflesia lainnya yang tumbuh di hutan Bengkulu yakni Rafflesia gadutensis, Rafflesia bengkuluensis dan Rafflesia hasselti. (Jr.)**

 

.

Categories:Daerah,
Tags:,