Mutiara Raksasa Senilai Rp 1,3 Triliun Ditemukan di Filipina

Mutiara Raksasa Senilai Rp 1,3 Triliun Ditemukan di Filipina

Mutiara raksasa senilai Rp 1,3 triliun ditemukan oleh seorang nelayan di Pulau Palawan Filipina. (foto - ist)

Puerto Princesca - Mutiara raksasa senilai 76 juta poundsterling atau sekitar Rp 1,3 triliun ditemukan di Filipina. Mutiara itu sebenarnya sudah ditemukan oleh seorang nelayan 10 tahun lalu di Pulau Palawan Filipina. Hanya saja sejak menemukan, si nelayan menyimpan mutiara tersebut di bawah kasurnya karena ia tak mengetahui berapa nilai jualnya.

Sebagaimana dikutip dari metro.co.uk, bau-baru ini ketika terjadi sebuah kebakaran di rumahnya, nelayan itu akhirnya ikut menyelamatkan mutiara yang ia simpan selama bertahun-tahun tersebut. Sejak saat itulah publik akhirnya mengetahui ada sebuah mutiara raksasa.

Mutiara itu memiliki berat sekitar 77 pon dengan lebar satu kaki dan panjang 2,2 kaki. Rekor itu memecahkan rekor mutiara sebelumnya, Mutiara Allah yang memiliki berat 14 pon, dengan nilai jual sekitar 26,6 juta poundsterling atau sekitar Rp 460 miliar.

Ya, Aileen Cynthia Amurao, seorang pegawai pariwisata di Kota Puerto Princesca menjelaskan, seorang nelayan sedang memancing ikan dengan menggunakan jala. Ketika badai datang, jala itu tersangkut dan nelayan itu mengira adalah sebuah kerang. Ia pun langsung membawa mutiara yang disangka kerang itu ke rumahnya.

Pihak berwenang di Filipina terkejut dengan keputusan nelayan itu, ketika membawa mutiara tersebut pada mereka. Mutiara itu lalu melewati proses verifikasi lebih lanjut dari beberapa lembaga, seperti  Gemologist Institute dan lembaga internasional lainnya.

Pemerintah Filipina sendiri berencana menyimpan mutiara itu di Kota Puerto Princesca. Ia akan menjadi objek wisata yang menarik wisatawan untuk datang. Dalam sejarah, hal itu merupakan yang keduakalinya wilayah Pulau Palawan menjadi tempat penemuan mutiara. Sebelumnya, mutiara Allah juga ditemukan di wilayah ini pada 1934. (Jr.)**

.

Categories:Unik,
Tags:,