Bumi Diprediksi Dihantam Asteroid Bennu pada 2135

Bumi Diprediksi Dihantam Asteroid Bennu pada 2135

Bumi Diprediksi Dihantam Asteroid Bennu pada 2135. (foto - ist)

Washington - Sebuah asteroid dilaporkan sedang mengarah ke Bumi, yang bisa menyebabkan penderitaan besar dan kematian jika keluar dari orbitnya. Batu ruang angkasa yang dinamakan "Bennu" tersebut melintasi Bumi melalui orbitnya satu kali dalam waktu enam tahun. 
 
Bennu akan melewati di antara Bumi dan Bulan pada 2135. Para peneliti mengkhawatirkan, asteroid dengan lebar sepanjang 500 meter tersebut akan tertarik oleh gravitasi Bumi, yang menyebabkan tabrakan di abad yang akan datang. 
 
"Pada tahun 2135 mendatang Bumi akan menarik orbit Bennu, yang berpotensi menimbulkan masalah di Bumi pada abad berikutnya," kata Dante Lauretta, profesor dari planetary science di Uneversitas Arizona
 
Seperti dilansir Daily Mail, baru-baru ini akibat adanya fenomena tersebut, Bumi diperkirakan akan mengalami penderitaan dan kematian. Sementara para astronom pun tidak bisa memprediksi seberapa dekat antara Bumi dan Bulan akan mempengaruhi orbit Bennu. 
 
Namun menurut Lauretta, asteroid tersebut diperkirakan akan bergeser dan mendekati planet Bumi. Bennu menjelajah di sekitar Matahari dengan rata-rata kecepatan 63.000 mph, dan dampaknya pada Bumi akan sama dengan ledakan dari benda dengan berat 3 miliar ton. 
 
NASA sendiri telah memperhatikan Bennu dengan mengirimkan pesawat ruang angkasa bernama OSIRIS-Rex, untuk meneliti permukaan dan batuan dari asteroid itu. Rencananya, pesawat itu akan diluncurkan pada September, dan akan mendarat di permukaan Bennu pada 2018. Setelah meneliti dan mengambil contoh batuan, OSIRIS-Rex akan kembali ke Bumi pada 2023. (Jr.)**
.

Categories:Infotech,
Tags:,