Cegah Perkosaan India Larang Turis Asing Pakai Rok Mini

Cegah Perkosaan India Larang Turis Asing Pakai Rok Mini

Untuk mencegah perkosaan Menteri Kebudayaan India, Mahesh Sharma melarang turis asing mengenakan rok mini. (foto - ilustrasi)

New Delhi -  Berbagai kritikan muncul yang ditujukan kepada Menteri Kebudayaan India, Mahesh Sharma. Pasalnya, sang menteri mengeluarkan kebijakan untuk melarang menggunakan rok mini bagi wisatawan asing perempuan.

Dilansir situs BBC, Selasa (30/8/2016) ia pun telah membuat daftar kebijakan, apa saja yang boleh atau tidak boleh untuk diberikan kepada para wisatawan asing di bandara, yang banyak menyambangi India terutama pada musim liburan Oktober sampai Maret.

Sharma mengingatkan, agar mereka tidak boleh keluar sendirian di malam hari khususnya di daerah kota-kota kecil. "Untuk keselamatan mereka sendiri. Wanita turis asing tidak harus memakai gaun pendek dan rok. Budaya India berbeda dari budaya Barat,” kata Sharma.

Ia menyarankan, perempuan untuk mencatat nomor kendaraan yang mereka gunakan saat berada di India. Selain itu menyampaikan nomor tersebut ke teman-teman mereka, sebagai langkah keamanan tambahan.

Peraturan itu kontan memicu pro dan kontra sejumlah pihak. Partai oposisi dan aktivis hak-hak perempuan, mengecam komentar Sharma, yang menyebutnya sebagai misoginis (orang yang benci wanita). Sharma melihat jika kasus pemerkosaan kerap terjadi di taksi dan angkutan umum.

Sejak pemerkosaan terhadap seorang mahasiswi kedokteran di New Delhi pada 2012, dan serangan susulan yang menyasar perempuan wisatawan asing setelahnya, pariwisata India anjlok.

Berdasarkan statistik kejahatan nasional India, setiap hari ada 92 perempuan diperkosa di India. Kasus tersebut paling banyak terjadi di pedesaan. Kekerasan dan pelecehan di jalan kota dan desa, yang terkadang disebut "eve-teasing" dialami oleh setidaknya 79 persen perempuan India.

Tak hanya itu, salah seorang wanita Jepang juga diculik dan diperkosa di Bihar pada 2014. Wisatawan perempuan asal Rusia juga diserang oleh pengemudi becak di New Delhi pada 2015.

Kasus terbaru terjadi pada Juli 2016 lalu, ketika seorang perempuan berkewarganegaraan Israel, diserang secara seksual oleh sekelompok laki-laki di sebuah resor di kota Manali, Himalaya. (Jr.)**

.

Categories:Gaya hidup,
Tags:,