Contoh Bandung, Bupati Irna Siapkan Pandeglang Smart City

Contoh Bandung, Bupati Irna Siapkan Pandeglang Smart City

Penandatanganan MoU Smart City Kabupaten Pandeglang dan Kota Bandung. (foto - Twitter)

Bandung - Untuk mewujudkan Kabupaten Pandeglang menjadi Smart City (Kota pintar), Bupati Pandeglang Irna Narulita akan memadukan teknologi dengan sumber daya manusia (SDM) yang profesional.
 
"Memang itu tujuan kami. Meski sulit tetapi kami akan berupaya untuk mewujudkannya, karena dengan konsep itu akan lebih transparan dan cepat," kata Irna lewat laman pandeglangkab.go.id. 
 
Upaya utama yang dilakukan dengan melakukan kerjasama yang dituliskan melalui memorandum of understanding (MoU) dengan Kota Bandung, yang sudah terlebih dahulu mewujudkan program Smart City. Irna yakin Pandeglang ke depannya dapat menjadi daerah Smart City.
 
"Lewat kerja sama tersebut akan ada sebuah transfer informasi dan ilmu pengetahuan untuk diterapkan di Pandeglang,"katanya.  Diharapkan, konsep Smart City yang lebih dulu diterapkan Kota Bandung dapat segera diaplikasikan di Pandeglang.
 
Menurutnya, salah satu keuntungan Smart City adalah bisa memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat atau mengantisipasi kejadian yang tak terduga. Misalnya, bencana alam atau tindak kejahatan. "Itu bisa kami wujudkan dengan adanya taman pintar, e-Planning, dan e Budgeting agar lebih terarah, efisien dan terukur," tuturnya.
 
Sementara itu, Kadishub Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pandeglang Yahya Gunawan Kasbin menambahkan, Indonesia Smart City Forum yang diadakan di Bandung sangat bermanfaat. Sebab, banyak informasi dan ilmu pengetahuan yang dapat diambil terkait konsep Smart City.
 
"Setelah kami mengikuti acara tersebut, dan melakukan kunjungan ke Bandung Comand Center, terdapat beberapa hal yang bisa kami adaptasi. Utamanya untuk dapat diterapkan di Pandeglang meski dinilai tidak mudah," tegasnya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,