Pelarangan Sepeda Motor Kurangi Angka Kecelakaan

Pelarangan Sepeda Motor Kurangi Angka Kecelakaan

Jumlah Pengguna Sepeda Motor Yang Semakin Banyak Di Kota Jakarta, Meningkatkan Angka Kecelakaan. (Foto: Net)

Jakarta  -Larangan sepeda motor melintasi Jalan Medan Merdeka Barat bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan. Demikian Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). 

"Setiap hari, rata-rata dua orang pengendara motor meninggal akibat kecelakaan lalu lintas. Selain itu, korbannya kebanyakan anak di bawah umur. Makanya, kita harus ambil langkah," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (11/11/2014). 

Dia mengatakan berdasarkan laporan dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, terdapat sekitar 45.000 orang meninggal akibat kecelakaan sepeda motor setiap tahun. 

"Oleh karena itu, kita berpikir untuk melakukan pembatasan sepeda motor. Maksudnya, bukan berarti sepeda motor tidak boleh digunakan sama sekali, tetapi hanya boleh digunakan pada daerah-daerah tertentu saja," ujar Basuki yang akrab disapa Ahok itu.

Selain memberlakukan aturan baru tersebut, dia menuturkan pembatasan sepeda motor tersebut juga diterapkan melalui sistem Jalan Berbayar Elektronik atau Electronic Road Pricing (ERP). 

"Sebetulnya, ERP itu juga merupakan salah satu solusi untuk mengurangi angka kecelakaan pengendara motor. Angka kecelakaan sepeda motor sudah terlalu tinggi, makanya harus kita tekan," kata Ahok. (Ode)**

 

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,