Semarak Upacara Pembukaan PON XIX di GBLA Bandung

Semarak Upacara Pembukaan PON XIX di GBLA Bandung

Upacara Pembukaan PON XIX 2016 di Stadion GBLA Gedebage Kota Bandung, Sabtu (17/9/2016) malam. (foto - ist)

Bandung - Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 Jawa Barat secara resmi dibuka di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage Kota Bandung, Sabtu (17/9/2016) malam. Multiajang empat tahunan itu akan berlangsung hingga 29 September 2016.

Masyarakat Bandung begitu antusias menyambut kehormatan daerah mereka sebagai tuan rumah PON 2016. Terbukti separuh stadion yang digunakan untuk menyaksikan pembukaan PON 2016 terisi penuh. Di awal, para pengunjung lebih dulu dihibur dengan aksi fantastis band ternama GIGI. 

Dipimpin Armand Maulana, GIGI menyuguhkan beberapa tembang andalan mereka, salah satunya adalah My Facebook. Acara sempat berhenti sejenak sambil menunggu kedatangan Jokowi. Seremoni pembukaan baru kembali dimulai tepat pukul 19.30 WIB. 

Pembawa acara terlebih dulu mengajak para pengunjung berdiri untuk menyayikan lagu Indonesia Raya. Jokowi yang duduk di samping Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan langsung disuguhkan pesta kembang api yang meriah. Pesta kembang api itu berlangsung selama kurang lebih 3 menit.

Diikuti tarian tradisional yang melibatkan 3.000 penari membuat acara semakin semarak dan meriah. Apalagi, 3.000 penari yang terlibat juga membawa tongkat yang menyala-nyala. Hal itu semakin mempertegas bahwa pembukaan PON 2016 bermandikan cahaya.

Acara pembukaan PON 2016 itu juga melibatkan 19 atlet legendaris Indonesia. Pasangan suami istri, Alan Budikusuma dan Susanti ikut memeriahkan upacara pembukaan. Begitu pula dengan Ade Rai dan Nurfitriyana Saiman, penyumbang medali pertama Indonesia di ajang Olimpiade. Acara dilanjutkan dengan parade para kontingen dari semua daerah yang menjadi peserta PON 2016. (Jr.)**

.

Categories:Olahraga,
Tags:,