Selatan Tokyo Diguncang Gempa Berkekuatan 6,4 SR

Selatan Tokyo Diguncang Gempa Berkekuatan 6,4 SR

Wilayah Tokyo Jepang Diguncang Gempa Berkekuatan 6,4 SR

Tokyo - Gempa berkekuatan 6,4 pada Skala Richter mengguncang selatan Tokyo, Jepang, Jumat (23/9/2016) pagi. Badan Geologi Amerika Serikat (USGS) mengatakan, titik pusat ada di 232 kilometer selatan dari ibukota Jepang dengan kedalaman 10 kilometer.

Dikutip dari Channel News Asia, Jumat (23/9/2016), tidak ada potensi tsunami menurut pernyataan Pusat Pasifik Tsunami di Hawai. Biro ramalan cuaca Jepang mengatakan, akan ada perubahan ketinggian laut, namun tidak berdampak apa pun ke Jepang.

Disebutkan. posisi Jepang itu sendiri berada pada persimpangan empat lempeng tektonik, yang seringkali  mengalami pelbagai serangan gempa bumi pada setiap tahunnya.

Seperti diketahui, gempa bertsunami parah melanda Jepang terakhir pada 2011 tepatnya di bagian pesisir utara. Sebanyak 18 ribu orang meninggal dunia dan hilang. Gempa tersebut juga memicu reaksi nuklir yang ada di Fukushima.

Gempa terbaru dengan kerusakan parah dan tercatat 50 korban jiwa, sempat menghantam Kumamoto pada April tahun ini. Diketahui 1.700 kali guncangan pasca gempa (aftershocks) dirasakan. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,