Selasa Ini Sumbar Diguncang Gempa Lima Kali Berturut

Selasa Ini Sumbar Diguncang Gempa Lima Kali Berturut

Selasa Ini Sumbar Diguncang Gempa Lima Kali Berturut.

Padang - Sedikitnya lima gempa secara berturut-turut, mengguncang di empat tempat berbeda di wilayah Sumatera Barat Selasa ini. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang mencatat, gempa pertama terjadi pukul 12.38 WIB.

"Dalam sehari, sudah tujuh kali gempa berkekuatan (di bawah) 5 padaskala Richter (SR) di wilayah Sumbar," kata Kepala Stasiun BMKG Padang Panjang, Rahmat Triyono di Padang Sumatera Barat, Selasa (27/9/2016).

Menurut Rahmat, gempa pertama berkekuatan 4 SR berada di Segmen Sianok, Patahan Sumatera. Koordinat gempa berada di 0.24 Lintang Selatan (LS) dan 100.41 Bujur Timur (BT) di kedalaman 10 kilometer.

Pusat gempa berada di tujuh kilometer timur laut Bukittinggi. Skala intensitas gempa dirasakan di Bukittinggi dan Padang Panjang mencapai II MMI, atau getaran cukup dirasakan warga dan benda-benda ringan yang tergantung bergoyang. "Ini gempa darat," katanya.

Gempa kedua yang berselang tujuh menit dari gempa pertama itu, berkekuatan 3 SR di 0.35 LS dan 100.29 BT, atau 11 kilometer barat daya Bukittinggi. "Gempa ketiga tergolong kecil dengan magnitude 1.6 SR," tegas Rahmat.

Gempa keempat terjadi pukul 15.12 WIB dengan kekuatan 4.0 SR. Lokasi gempa berada di 1.33 LS, 100.39 BT atau 66 kilometer Barat Daya Kota Solok. Pusat gempa kali ini berada di kedalaman 32 kilometer.

BMKG juga mencatat, gempa berkekuatan 3.1 SR terjadi pukul 15.30 WIB di 44 kilometer barat daya Pariaman. Wilayah Sumatera Barat memang berada di atas Segmen Sianok, yang memanjang dari sisi timur Danau Singkarak melewati Barat Daya Gunung Marapi hingga Ngarai Sianok.

Panjang segmen ini mencapai sekitar 90 kilometer. Sementara, sesar geser aktif ini bergeser sekitar 23 milimeter per tahun dengan tipe pergeseran mendatar. Segmen Sianok pernah memicu gempa besar 4 Agustus 1926. Terbaru, gempa berkekuatan 6.4 SR dan 6.3 SR mengguncang kawasan itu, pada 6 Maret 2007 lalu. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,