Forum APEC Luncurkan Jaringan Anti Korupsi

Forum APEC Luncurkan Jaringan Anti Korupsi

Presiden RI Joko Widodo (kedua kiri depan) berfoto bersama saat acara APEC Economic Leader's Meeting 2014 di Beijing, Tiongkok (11/11). ANTARA FOTO

Beijing - Negara-negara anggota Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) telah memutuskan untuk mendirikan sebuah jaringan penegakan hukum lintas batas guna memperkuat kerja sama anti-korupsi transnasional di kawasan tersebut, Presiden Tiongkok Xi Jinping, Selasa.

Para pemimpin dan perwakilan dari 21 ekonomi APEC telah mencapai konsensus dalam memburu buronan secara luas, pengembalian aset-aset haram mereka dan memperluas kerja sama penegakan hukum, Xi mengatakan dalam konferensi pers pada akhir Pertemuan Pemimpin EkonomiAPEC dua hari.

Laporan sebelumnya mengatakan jaringan akan terdiri dari personil anti-korupsi dan aparat penegak hukum dari negara anggota APEC.

Mekanisme kontak teratur dan mekanisme kerja sama penegakan hukum akan dibangun di bawah jaringan untuk memfasilitasi pertukaran informasi dan membangun kepercayaan, serta menyelidiki korupsi, penyuapan, pencucian uang dan kejahatan perdagangan ilegal. Mereka juga akan berkumpul dan berbagi pengalaman di bidang anti-korupsi melalui seminar dan pertukaran.

Tiongkok berada di tengah kampanye anti-korupsi populer yang menargetkan petinggi "harimau" dan yang rendah "lalat." Negara ini juga berusaha untuk memperluas kampanye untuk mereka yang telah melarikan diri ke luar negeri dalam apa yang disebut operasi Fox Hunt 2014, untuk "memblokir rute penarikan terakhir" bagi para pejabat yang korup. (AY)

.

Categories:Internasional,
Tags:ekonomi,