Estonia Pilih Presiden Wanita Pertama Sepanjang Sejarah

Estonia Pilih Presiden Wanita Pertama Sepanjang Sejarah

Kersti Kaljulaid, presiden wanita pertama akan memulai tugasnya pada 9 Oktober 2016. (foto - ist)

Talinn - Estonia menorehkan sejarah baru, di mana parlemen akhirnya memilih Kersti Kaljulaid sebagai presiden menggantikan Toomas Hendrik Ilves. Dengan begitu, Estonia memiliki presiden wanita pertama sepanjang sejarah, dan akan memulai tugasnya pada 9 Oktober 2016.

Wanita berusia 46 tahun itu memenangi voting yang diadakan oleh anggota parlemen, pada Senin 3 Oktober 2016. Kaljulaid memperoleh 81 suara berbanding 0, dengan 20 anggota parlemen dihitung abstain. Pemilihan dilakukan setelah adu argumen selama beberapa pekan, serta kegagalan dua voting sebelumnya.

Seperti dilaporkan The Guardian, Selasa (4/10/20116) terpilihnya auditor di Uni Eropa (UE) tersebut menjadi mungkin, setelah enam partai di parlemen setuju untuk mengusulkan seorang politikus di luar anggota parlemen sebagai kandidat presiden.

Sebelumnya, dua kali pemilihan gagal menghasilkan penerus Toonas Hendrik Ilves. Sebanyak lima orang kandidat gagal terpilih dalam electoral college pada September 2016. Politikus Estonia juga gagal memilih presiden, dari empat kandidat yang tersedia pada Agustus 2016.

Kersti Kaljulaid akan menggantikan Toomas Hendrik Ilves, yang mengakhiri dua periode masa kepemimpinannya. Wanita kelahiran Tartu itu akan menjadi Presiden kelima Estonia, dan akan bertugas selama lima tahun ke depan. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,