Pertemuan APEC Beijing Hasilkan 3 Topik

Pertemuan APEC Beijing Hasilkan 3 Topik

Para pemimpin ekonomi negara anggota APEC berpose saat Family Photo KTT APEC 2014 di Beijing, Tiongkok, Senin (10/11). ANTARA FOTO/Setpres/Rusman/pras/14

Beijing - Pertemuan APEC di Beijing, Cina melahirkan deklarasi yang terfokus pada tiga topik. Yakni, penguatan integrasi perekonomian regional, inovasi dalam perekonomian, struktur reformasi dan fokus kepada  pertumbuhan ekonomi dan pendalaman infrastruktur.
 
Asia Pasific Economic Cooperation mengonfirmasikan, itu semua untuk mendukung implementasi sistem perdagangan multilateral yang termuat dalam Bogor Goal, yang disepakati para pemimpin APEC tahun 1994 di Indonesia. 
 
Dilansir dari kantor berita Tass, Selasa (11/11), kesepakatan itu fokus ke pasar bebas (free trade zone) untuk kawasan Asia Pasifik. Melangkah lebih dekat ke liberalisasi perdagangan, termasuk untuk perdagangan barang elektronik, dan memastikan proteksi yang dilakukan negara anggotanya adalah benar.
 
Apa yang dilakukan para pemimpin APEC ini akibat deadlock-nya implementasi WTO Agreement on Trade Facilitation. Deklarasi itu mengatakan, negara APEC memperpanjang kewajiban untuk menahan diri dari langkah proteksionis hingga 2018.
 
Para pemimpin APEC juga menyepakati mengadopsi reformasi struktural, membentuk new economy, inovasi pertumbuhan, pembangunan global dan unban expansion. Selain itu, perlu bekerja dua kali lebih keras untuk mengatasi krisis yang telah berlalu agar tidak terulang kembali.
 
Para 21 pemimpin negara APEC juga sepakat untuk mengatur jadwal pelaksanaan summit APEC selanjutnya. Yakni akan digelar di Peru, Vietnam, Papua Nugini, Chili, Malaysia, Selandia Baru dan Thailand pada periode 2016-2022. Tahun depan, KTT APEC akan digelar di Filipina. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:ekonomi,