10 Tahun Tsunami Aceh, Jokowi Diharapkan Hadir

10 Tahun Tsunami Aceh, Jokowi Diharapkan Hadir

10 Tahun Tsunami Aceh, Jokowi Diharapkan Hadir

Banda Aceh - Renungan 10 tahun bencana tsunami Aceh yang dipusatkan di Lapangan Blang Padang Kota Banda Aceh pada 26 Desember 2014 direncanakan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Kita berharap Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri akan hadir pada renungan 10 tahun tsunami itu," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Reza Pahlevi di Banda Aceh, Selasa (11/11/2014).

Pemerintah Provinsi Aceh akan menggelar berbagai kegiatan dalam rangka renungan 10 tahun tsunami yang menyebabkan tidak kurang dari 200 ribu penduduk meninggal dunia dan dinyatakan hilang dalam bencana alam pada 26 Desember 2004 itu.

"Kehadiran presiden dan sejumlah menteri Kabinet Kerja itu sangat diharapkan oleh masyarakat Aceh. Itu menjadi harapan besar, karena dengan kehadiran Kepala Negara setidaknya menjadi motivasi untuk membangun Aceh ke arah yang lebih baik di masa mendatang," katanya menambahkan.

Reza menjelaskan, selain itu Pemerintah Aceh juga telah mengirim surat undangan kepada sebanyak 21 perwakilan negara donor dan 16 lembaga yang pernah membantu pemulihan dan pembangunan kembali Aceh pascatsunami untuk menghadiri renungan 10 tahun tsunami.

"Kami berharap, lembaga atau perwakilan negara donor akan berpartisipasi untuk menghadiri serangkaian kegiatan pada renungan 10 tahun tsunami Aceh. Undangan kepada mereka itu sebagai ucapan terima kasih masyarakat Aceh kepada donor," katanya menambahkan.

Gempa berkekuatan 8,9 skala richter yang disertai tsunami menyebabkan kehancuran hebat berbagai infrastrur publik di sejumlah daerah pesisir pantai di Aceh, akhir Desember 2004, selain juga menelan korban jiwa lebih 200 ribu orang.

Di pihak lain, Reza Pahlevi juga menjelaskan selain renungan, pada malam 25 Desember 2014 akan digelar doa bersama dan tausiah yang dipusatkan di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Selain itu, ia juga menjelaskan pada 28 Desember 2014 akan digelar olahraga maraton "10 K" yang dipastikan diikuti ribuan warga. Kegiatan itu juga sebagai rangkaian peringatan 10 tahun bencana tsunami. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:bencana,