Pindad Produksi Secara Massal Medium Tank Pertama di Dunia

Pindad Produksi Secara Massal Medium Tank Pertama di Dunia

PT Pindad (Persero) resmi meluncurkan desain final untuk medium tank di Indo Defence 2016 di JIExpo Kemayoran Jakarta. (foto - ist)

Jakarta - PT Pindad (Persero) resmi meluncurkan desain final untuk medium tank, yang akan diproduksi BUMN ini secara masal. Peluncuran desain medium tank tersebut berlangsung di Indo Defence 2016 di JIExpo Kemayoran Jakarta.
 
Medium tank merupakan produk terbaru dari Pindad untuk kategori kendaraan tempur, selain Anoa, Badak dan lainnya. Pengembangan produk baru itu merupakan hasil kerja sama dengan perusahaan pertahanan asal Turki, FNSS.
 
"Desain yang kami kenalkan merupakan satu-satunya di dunia, karena selain hasil penelitian dan pengembangan dari Pindad dan FNSS, merupakan implementasi dari spesifikasi yang diutarakan oleh pengguna di Indonesia," kata Direktur Utama Pindad Abraham Mose di JIExpo, Jakarta, Kamis (3/11/2016).
 
Menurut Abraham, program pengembangan bersama ini menghasilkan desain medium tank, yang memiliki kemampuan pertahanan balistik dan anti ancaman ranjau terkini. Dilengkapi daya gempur yang luas mulai dari perlindungan jarak dekat untuk pasukan infanteri, hingga pertempuran antar kendaraan tempur.

Medium tank tersebut dilengkapi pula dengan senjata meriam dengan kaliber 105 mm, yang bisa digunakan untuk meluncurkan peluru kendali untuk menambah daya gempur. Yang membedakan medium tank buatan Pindad dengan buatan negara lain, yaitu mengenai kemudahan mobilisasi.

Program pengembangan bersama ini diharapkan Abraham dapat membuat Pindad memiliki peningkatan teknologi produksi dari produsen kendaraan beroda seperti Panser, menjadi produsen kendaraan beroda rantai. "Desain dan teknologi terbaru dan satu-satunya merupakan hal yang paling membanggakan dari kerja sama dengan FNSS," tegas Abraham. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,