Pungli, Kapolsek & Wakapolsek Bandung Kidul Dicopot

Pungli, Kapolsek & Wakapolsek Bandung Kidul Dicopot

Lokasi penangkapan Kanitreskrim Polsek Bandung Kidul beberapa waktu lalu. (foto - ist)

Bandung - Kasus pungutan liar (pungli) yang dilakukan Kanit Reskrim Polsek Bandung Kidul, menyeret kapolsek. Kedua pimpinan itu dicopot dari jabatannya, sekaligus harus menghadapi sanksi disiplin dari Bid Propam Polda Jabar.

"Semua yang diduga terlibat (dicopot dari jabatannya). Selain AKP DE, Kapolsek dan Wakapolseknya juga dicopot. Bahkan mungkin ada yang lainnya," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus, Sabtu (5/11/2016).

Seperti diketahui, Kanit Reskrim Polsek Bandung Kidul AKP DE kedapatan melakukan pungli, yang langsung diendus Bid Propam Polda Jabar beberapa waktu lalu. Dalam operasi tangkap tangan itu, AKP DE diduga melakukan pungli sekitar Rp 1,05 miliar.

Dari hasil pengembangan, uang pungli itu merupakan uang penangan perkara atas kasus penganiayaan dari tersangka atas nama Tomi. Hasil uang pemerasan itu ternyata tidak dinikmati sendiri. Diduga ada aliran dana kepada Kapolsek dan Wakapolsek Bandung Kidul.

Menurut Yusri, sejauh ini AKP DE sudah ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat pasal pemerasan. Selain menjalani proses hukum pidana umum, ia juga harus menghadapi sanksi disiplin. "Khusus AKP DE, ia dijerat pidana umum pasal pemerasan," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,