Depot BBM Milik PT Pertamina di Belawan Medan Terbakar

Depot BBM Milik PT Pertamina di Belawan Medan Terbakar

Ketika Kilang Pertamina Refinery Unit RU IV Cilacap Jawa Tengah terbakar. (foto - ilustrasi)

Medan - Depot terminal bahan bakar minyak (BBM) milik PT Pertamina (Persero) Belawan di Jalan Yos Sudarso Km 20 Kecamatan medan Labuhan Kota Medan terbakar, Sabtu malam sekitar pukul 19.00 WIB.

Akibat kebakaran tersebut, sedikitnya tiga orang pekerja mengalami luka berat dan harus dilarikan rumah sakit terdekat. Kebakaran itu terjadi secara cepat dengan membakar tabung depot Nomor 18 berisikan BBM jenis Pertamax. Namun, belum diketahui persis penyebab kebakaran itu.

Wakapolsek Medan Labuhan, AKP TL Tambunan menyatakan, institusinya belum dapat menyimpulkan penyebab kebakaran yang terjadi di depot pengisian BBM Pertamina. Menurutnya, aparat kepolisian masih fokus dalam pengamanan objek vital tersebut. 

Setelah itu baru dilakukan proses penyelidikan untuk mengetahui penyebab kebakaran. "Korban cedera ada. Untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Saat ini, kami masih fokus pengamanan dulu," tutur TL Tambunan.

Untuk memadami api, Dinas Pencegah dan Pemadaman (DP2K) Kota Medan menerjunkan sebanyak 15 unit mobil pemadam kebakaran ke lokasi. Setelah sekitar 2 jam, api baru berhasil dijinakkan. Kebakaran itu juga sempat membuat pusat perhatian warga sekitar. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran Kota Medan Marihot Tampubolon menyatakan, pihaknya langsung mengerahkan armada mobil pemadam kebakaran, yang siaga di pos Pelabuhan Belawan dan pos Kawasan Industri Medan Maba sebelum Dinas Pencegah dan Pemadaman Kota Medan datang.

Selain pos Pelabuhan Belawan dan KIM Mabar, ia  juga mengerahkan seluruh armada yang disiagakan di pusat kota. karena lokasi yang terbakar adalah objek vital yang sangat rentan.

"Depot itu kan rawan sebagai objek vital, makanya seluruh armada dikerahkan," katanya. Sejauh ini, Marihot belum dapat mengetahui tingkat kebakaran di Depot BBM milik PT Pertamina tersebut. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,