52 Orang Tewas, Bom Meledak di Kuil Muslim Sufi Pakistan

52 Orang Tewas, Bom Meledak di Kuil Muslim Sufi Pakistan

Bom meledak di Kuil Muslim Sufi Pakistan menewaskan 52 orang. (foto - ist)

Balochistan - Sedikitnya 52 orang tewas dan lebih dari 100 orang mengalami luka-luka, menyusul bom meledak di kuil muslim Sufi di wilayah Balochistan Pakistan, Sabtu waktu setempat. Menurut pejabat setempat, pelaku termasuk salah seorang korban tewas.
 
Menurut para pejabat setempat, bom meledak saat ratusan jemaah hadir mengambil bagian dalam ritual Dhamal, yang dipentaskan setiap matahari terbenam. Tim satuan pencarian korban (SAR) Pakistan sendiri menghadapi kesulitan mencapai lokasi kejadian, karena berada di daerah perbukitan.
 
"Upaya penyelamatan mengalami sedikit kesulitan karena medan yang cukup berat," kata salah seorang anggota tim penyelamat, seperti dilansir BBC, Minggu (13/11/2016).
 
Sementara itu, Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif mengutuk serangan tersebut. Sedangkan ketua Partai Tehreek-e-Insaf mengatakan, serangan tersebut menargetkan 'inti dari masyarakat Pakistan'.
 
Sufisme merupakan sebuah aliran yang toleran dan memiliki banyak pengikut di Pakistan. Sayangnya, aliran ini dianggap sebagai ajaran sesat yang tidak disukai para ekstremis. Mereka terganggu dengan tasawuf, yang di dalamnya ada musik dan tarian untuk menghormati orang-orang kudus. Makanya, para ekstremis sering menargetkan kuil-kuil Sufi di Pakistan.
 
Pada Juni lalu, salah satu penyanyi Sufi Amjad Sabri ditembak dua orang tak dikenal di Karachi hingga tewas. Sementara sebulan setelahnya, bom meledak di rumah sakit dan memakan korban hingga 70 orang. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,